Panduan Membeli iPhone Bekas dengan 11 Langkah Ini

Sabtu, 09 Maret 2024 | 11:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Panduan Membeli iPhone Bekas dengan 11 Langkah Ini

ILUSTRASI. Tips membeli iPhone bekas dengan 11 langkah mudah./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/23/05/2022


Panduan Membeli iPhone Bekas  - JAKARTA. Pelajari tips sebelum membeli iPhone bekas untuk memastikan keamanannya. Saat ini, banyak iPhone bekas tersedia di pasar konvensional maupun platform online.

Bagi para penggemar teknologi, iPhone bekas seringkali menjadi pilihan menarik terutama di kategori Flagship.

Langkah-langkah sebelum membeli iPhone bekas bisa menjadi opsi cerdas untuk mendapatkan perangkat dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli iPhone bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan harapan Anda.

Baca Juga: Penjualan iPhone di China Anjlok 24% Seiring Melonjaknya Popularitas Huawei

Tips sebelum membeli iPhone bekas

iPhone

Walaupun terdapat perbedaan antara iPhone bekas dan yang baru, membeli iPhone bekas seringkali menjadi alternatif yang menarik karena harganya yang lebih terjangkau.

Tentu saja, Anda perlu melakukan beberapa persiapan dan pengamatan ketika membeli iPhone bekas dari sumber yang bukan berasal dari toko resmi Apple.

Tips sebelum membeli iPhone bekas dapat memberikan panduan bagi pembeli yang mencari perangkat dengan status bekas baik dari toko ritel di Indonesia maupun luar negeri.

Pahami persiapan dalam membeli iPhone bekas yang bisa menajdi pertimbangan dirangkum dari laman Make Use Of.

Saat membeli iPhone bekas, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda memastikan bahwa perangkat yang Anda dapatkan adalah berkualitas dan sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Intip Daftar Kode iPhone Indonesia, Amerika Serikat, Singapura, dan Negara Lain

1. Dapatkan dan Simpan Bukti Pembelian

Minta penjual untuk memberikan salinan tanda terima asli, baik dalam bentuk lunak maupun keras. Dokumen ini penting karena dapat memberikan informasi mengenai kepemilikan sebelumnya dan status garansi iPhone.

Melalui tanda terima ini, Anda dapat mengetahui apakah penjual adalah pemilik pertama dan apakah iPhone masih dalam garansi.

2. Periksa Kondisi Fisik

Teliti secara menyeluruh kondisi fisik iPhone bekas yang ingin Anda beli. Perhatikan adanya goresan, retak, atau kerusakan lainnya pada layar, bodi, atau bagian lainnya. Pastikan juga semua tombol fisik dan komponen lainnya berfungsi dengan baik.

3. Verifikasi Keaslian

Pastikan iPhone bekas yang Anda beli adalah produk asli dan bukan barang palsu atau replika. Periksa nomor seri dan IMEI yang tertera pada kotak iPhone dan cocokkan dengan yang tertera di pengaturan iPhone.

4. Cek Nomor Seri

Selain nomor IMEI, Apple memberikan nomor seri pada semua perangkatnya untuk validasi garansi. Minta penjual untuk memeriksa nomor seri iPhone melalui pengaturan. Nomor seri juga dapat memberikan informasi mengenai waktu dan lokasi produksi iPhone.

5. Tanyakan Riwayat Perawatan

Tanyakan kepada penjual tentang riwayat perawatan iPhone bekas tersebut, apakah pernah diperbaiki atau diganti komponen tertentu. Informasi ini dapat memberikan gambaran tentang sejarah perawatan iPhone dan memastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan baik.

6. Periksa Kesehatan Baterai

Tanyakan kepada penjual tentang umur dan kondisi baterai iPhone bekas. Periksa apakah kesehatan baterai dapat menyebabkan masalah, sehingga perlu diganti dalam waktu dekat.

7. Verifikasi Keaslian Aksesori

Pastikan iPhone bekas dilengkapi dengan aksesori asli seperti charger, kabel data, dan earphone. Aksesori asli dapat menunjukkan bahwa iPhone tersebut masih terawat dengan baik.

8. Periksa Jaringan dan Layanan

Pastikan iPhone tidak terkunci pada jaringan tertentu dan dapat digunakan dengan kartu SIM dari operator seluler yang Anda gunakan. Periksa juga apakah layanan seperti iCloud tidak terkunci atau terkait dengan akun Apple sebelumnya.

9. Uji Kinerja

Anda perlu melakukan pengujian terhadap kinerja iPhone bekas, termasuk responsivitas layar sentuh, fungsi tombol, kamera, dan fitur lainnya. Uji juga konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS, serta coba untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan.

10. Perhatikan Harga yang Wajar

Anda perlu melakukan riset harga pasar sebelum membeli iPhone bekas untuk memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi dan spesifikasi perangkat. Hati-hati terhadap harga yang terlalu murah karena bisa jadi terdapat masalah tersembunyi.

11. Ketahui Kebijakan Garansi dan Pengembalian

Pastikan Anda memahami kebijakan garansi dan pengembalian dari penjual. Lebih baik membeli dari penjual yang menawarkan jaminan garansi pribadi, meskipun iPhone bekas tidak lagi memiliki garansi resmi dari Apple.

Jadi, pembidik iPhone bekas juga harus meluangkan waktu untuk membaca ulasan penjual dan mengklik profil pengulas untuk memastikan bahwa ulasan tersebut sah.

Dengan melakukan penelitian yang cermat, memeriksa kondisi fisik dan riwayat perawatan, serta membeli dari penjual yang terpercaya, Anda dapat memperoleh iPhone bekas yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan Anda.

Itulah panduan mudah dalam pembelian iPhone bekas yang wajib diketahui oleh penggemar Apple.

Selanjutnya: Simak 7 Makanan yang Menyehatkan Lansia di Hari Tua

Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Besok di Bali, Waspada Hujan Petir di Denpasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru