Pas untuk mahasiswa yang sering begadang, 5 cara agar tetap segar meski kurang tidur

Senin, 30 November 2020 | 21:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pas untuk mahasiswa yang sering begadang, 5 cara agar tetap segar meski kurang tidur


TIPS & TRIK - Mahasiswa pasti sering mencari cara agar tetap segar setelah begadang semalaman. Tugas yang menumpuk sering memaksa  mahasiswa untuk begadang. 

Tidak jarang para mahasiswa terpaksa tidak tidur selama beberapa hari agar tugas bisa terselesaikan. Setelah begadang, esoknya masih ada perkuliahan yang harus mereka ikuti. 

Agar materi bisa terserap dengan baik, tentu tubuh dan otak harus segar. Namun, setelah begadang otak menjadi sulit untuk berkonsentrasi. 

Berikut cara agar tubuh tetap bugar meski semalaman begadang dihimpun dari Insider dan Web MD:

Baca Juga: 8 Universitas terbaik di Indonesia tahun 2021, bisa untuk referensi tahun depan

  • Minum minuman berkafein

Cara paling umum agar tetap segar setelah begadang adalah minum kopi. Selain kopi, minuman berkafein, seperti teh dan coklat, bisa membuat Anda lebih terjaga. 

Namun, khasiat dua jenis minuman ini tidak sekuat kopi. Satu hingga dua gelas kopi bisa membantu Anda lebih segar di pagi hari. 

Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan saat mengkonsumsi kopi. Terlalu banyak kafein akan merusak jadwal tidur Anda. 

Baca Juga: 4 Tips parenting dari Warren Buffett agar anak pintar mengatur uang

  • Nyalakan lampu 

Tips tetap segar selanjutnya walau tidak tidur semalaman adalah menyalakan lampu. Cahaya yang terang "memaksa" tubuh untuk bangun. 

Cahaya matahari atau lampu akan mengaktifkan "mode pagi" pada tubuh. Dengan cara ini, Anda bisa lebih segar dan tidak mengantuk.

Setelah bangun tidur, segera nyalakan lampu kamar Anda. Sempatkan sebentar untuk keluar rumah agar bisa melihat matahari.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru