Patut ditiru, ini gaya hidup frugal living yang banyak dipakai orang-orang tajir

Minggu, 26 September 2021 | 11:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Patut ditiru, ini gaya hidup frugal living yang banyak dipakai orang-orang tajir


GAYA HIDUP - Frugal living atau gaya hidup hemat adalah gaya hidup yang banyak dipakai banyak orang kaya di dalam maupun luar negeri. 

Kekayaan yang mencapai miliaran bahkan triliunan rupiah tidak membuat para orang tajir menjadi boros. Sebaliknya, mereka justru untuk hidup sederhana dengan menerapkan frugal living.

Bersumber dari Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), banyak pemain film, musisi, hingga CEO dan miliarder dunia yang menerapkan gaya hidup ini. 

Frugal living sendiri adalah cara hidup berhemat dan sebagian orang menerjemahkannya sebagai hidup berhemat Next Level

Baca Juga: 8 Kampus terbaik Indonesia ini lulusannya cepat dapat kerja versi QS WUR, Undip no 1!

Frugal living banyak diterapkan pesohor

Ada banyak contoh tokoh terkenal di dunia dan di Indonesia yang menerapkan gaya hidup hemat ini meski mereka memiliki harta melimpah.

Sebut saja Warren Buffett, Mark Zuckerberg, Ed Sheeran, Lady Gaga, Keanu Reeves, Sadio Mane, dan Leonardo DiCaprio menerapkan gaya hidup frugal

Di dalam negeri, artis berbakat Cinta Laura menerapkan gaya hidup berhemat ini. Selain Cinta, ada Amanda Manopo, Angela Gilsha, dan Desi Anwar yang menerapkan frugal living

Penulis sekaligus YouTuber terkenal Raditya Dika juga masuk dalam daftar artis dalam negeri yang menjalani hidup hemat. Menurutnya, gaya hidup seperti ini disebut dengan gaya hidup minimalis. 

 

Tips memulai frugal living

Banyak yang mengira orang yang menerapkan frugal living berarti pelit atau kikir. Padahal, pelit dengan hidup berhemat sama sekali tidak sama.

Berhemat dalam gaya hidup ini berarti menunda kesenangan untuk mempersiapkan rencana masa depan. Mempersiapkan masa depan tidak selalu tentang menabung uang, namun juga rencana-rencana lainnya. 

Gaya hidup frugal sangat pas diterapkan terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini. Jika Anda ingin memulai menjalani frugal living, berikut ini tips memulainya. 

  • Rencana keuangan yang adaptif

Tidak ada yang pasti di dunia ini terutama saat kondisi pandemi. Banyak hal menjadi tidak menentu sehingga membuat masyarakat kesulitan terutama dalam hal pendapatan. 

Karenanya segala macam rencana keuangan harus beradaptasi dengan keadaan yang ada. Seperti contohnya adalah mengurangi kegiatan berkumpul atau hangout bersama teman. 

Baca Juga: Ini dia 5 tempat wisata alam populer di Papua yang wajib Anda kunjungi

  • Mengendalikan diri

Salah satu musuh terbesar saat memulai gaya hidup frugal adalah kurang pengendalian diri. Banyak orang yang tidak bisa mengendalikan diri sehingga "lapar mata". Hal ini memicu keinginan untuk berbelanja berlebihan. 

Prioritaskan kebutuhan terutama yang utama dibandingkan keinginan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa hidup lebih hemat.

  • Beli barang berkualitas

Menjalani frugal living tidak berarti Anda membeli barang-barang yang murah tanpa melihat kualitas barang tersebut. 

Justru untuk menerapkan gaya hidup ini, Anda perlu memperhatikan kualitas barang. Mungkin harga yang perlu dibayarkan cukup mahal, tetapi jika kualitasnya bagus, barang yang dibeli bisa bertahan lama. 

Dengan cara ini, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan tidak membeli barang yang sama karena bisa bertahan cukup lama. 

Selanjutnya: Ini pengertian dan cara menghitung nilai mean, median, dan modus dalam data

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru