Pelajar jangan mudah termakan Hoax, ini cara menghindarinya

Sabtu, 28 November 2020 | 05:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pelajar jangan mudah termakan Hoax, ini cara menghindarinya

KONTAN.CO.ID -  Pelajar zaman sekarang perlu mengetahui cara-cara agar terhindar dari berita hoax.  Sekarang informasi sudah sangat mudah diakses. Internet bisa dibuka kapan pun dan dimanapun.  

Hal ini juga yang menyebabkan berita hoax atau palsu banyak menyebar. Dampak jika sudah terhasut oleh hoax bisa merugikan seseorang. 

Melansir dari Cambridge Dictionary, hoax adalah rencana untuk menjebak seseorang. Berita hoax berarti berita yang menjebak dan biasanya berisi infromasi yang tidak benar.

Sebagai penerus bangsa, pelajar tentu harus membekali diri agar tidak terpengaruh hoax. TVRI Nasional membagikan tips agar terhindar dari hoax melalui unggahan di Instagram resminya (25/11/2020). 

Berikut cara agar pelajar bisa menghindari hoax dari TVRI Nasional. 

  • Sumber berita

Di Indonesia, bersumber dari Dewan Pers, terdapat lebih dari 40.000 situs yang mengklaim sebagai situs berita. 

Namun demikian, kurang dari 300 situs saja yang sudah terverifikasi sebagai media berita. 

Baca Juga: Mengenal cara belajar dengan metode mind mapping, seperti apa?

Karenanya, pelajar perlu memperhatikan sumber dari berita yang didapat. Cari tahu sumber asli dari berita tersebut agar terhindar dari hoax. 

  • Perhatikan judul

Anda pasti pernah membaca berita dengan judul yang heboh dan terkesan berlebihan. Judul yang provokatif dan berlebihan menjadi ciri berita tersebut  hoax. 

Tidak sedikit berita di media tidak terverifikasi yang mengambil berita dari situs resmi. Berita tersebut kemudian diubah isi serta judulnya agar provokatif. 

Karenanya, penting untuk pelajar memperhatikan judul berita saat membaca.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru