Sport

Pemerintah kaji pertandingan sepak bola dengan penonton saat pandemi

Minggu, 11 April 2021 | 08:32 WIB Sumber: Kompas.com
Pemerintah kaji pertandingan sepak bola dengan penonton saat pandemi

ILUSTRASI. Pesepakbola Bhayangkara Solo FC, M Ichsan (kanan) berusaha merebut bola dari pesepakbola Borneo FC Samarinda, Mohammad Mifathul Ichsan (kiri). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mengkaji kemungkinan pertandingan sepak bola di Tanah Air dengan menghadirkan kembali penonton. Saat ini, laga pertandingan sepak bola resmi di Indonesia digelar tanpa penonton karena situasi pandemi Covid-19. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya menemukan bentuk aktivitas persepakbolaan nasional yang ideal di tengah pandemi. 

"Jadi sekarang ini memang masih mencari bentuk, termasuk kita jajaki kemungkinan mulai ada penonton. Dalam waktu dekat nanti akan kita evaluasi pelaksanaan ini," ujar Muhadjir saat menyaksikan pertandingan Perempat Final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta dan Barito Putera di Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu malam (10/4/2021), dikutip dari siaran pers. 

Baca Juga: Harga sepeda gunung anak Polygon cuma Rp 1 jutaan, seri Polygon Maze 20

Menurut Muhadjir, pertandingan sepak bola tanpa penonton diibaratkan seperti makanan tanpa garam. Dengan alasan itu lah, pemerintah pun mulai mengkaji kemungkinan bisa hadirnya penonton.

Di sela kesempatannya menyaksikan pertandingan yang digelar tanpa penonton dan berakhir dengan kemenangan Persija 1-0 itu, Muhadjir mengapresiasi pelaksanaan Piala Menpora 2021. 

Menurut dia, terlaksananya Piala Menpora bisa menjadi motivasi untuk menghidupkan kembali persepakbolaan nasional yang mengalami hibernasi selama pandemi. "Piala Menpora 2021 untuk memberikan motivasi agar persepakbolaan nasional kita segera bergeliat. Karena sudah lama mengalami hibernasi," ujar dia. 

Muhadjir juga mengapresiasi kegiatan Piala Menpora 2021 yang digelar di beberapa tempat telah berjalan baik. Termasuk dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Sudah diet & olahraga tapi gagal menurunkan berat badan? Coba cara ini

"Sehingga kesuksesan penyelenggaraan Piala Menpora akan menjadi dasar pertimbangan untuk pelaksanaan event olahraga di masa pandemi," kata dia. 

Lebih jauh Muhadjir mengatakan, isu olahraga juga merupakan salah satu yang fokus perhatian pemerintah. Salah satunya yang akan segera digelar dalam waktu dekat adalah kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON). (Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Kaji Pertandingan Sepak Bola dengan Penonton Saat Pandemi"

Selanjutnya: Coba 4 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini, yuk

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag
Terbaru