Pendaftaran jalur mandiri ITB 2021diperpanjang, cek lagi syarat dan jadwal terbarunya

Selasa, 15 Juni 2021 | 11:21 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pendaftaran jalur mandiri ITB 2021diperpanjang, cek lagi syarat dan jadwal terbarunya

ILUSTRASI. Pendaftaran jalur mandiri ITB 2021diperpanjang, cek lagi syarat dan jadwal terbarunya.


PERGURUAN TINGGI -  Bagi peserta SBMPTN 2021 yang belum beruntung terutama yang mendaftar ke Institut Teknologi Bandung (ITB), masih ada kesempatan untuk berkuliah di universitas ini. 

Pendaftaran calon mahasiswa baru ITB jalur mandiri yang semula ditutup pada 10 Juni lalu, diperpanjang hingga tanggal 20 Juni 2021.

Bersumber dari laman admission.itb.ac.id, jalur mandiri ditujukan untuk penerimaan mahasiswa baru yang akan berjalan tanpa subsidi biaya pendidikan. 

Meskipun demikian, ITB tetap menerima calon mahasiswa penerima KIP Kuliah atau mahasiswa kurang mampu yang memiliki kriteria seperti syarat KIP Kuliah.

Komponen penilaian untuk jalur seleksi mandiri ITB 2021 di antaranya adalah hasil UTBK, nilai rapor, serta kriteria lain (selain FSRD) atau tes kemampuan seni rupa (pendaftar FSRD) serta kriteria lainnya. 

Mari simak informasi tentang seleksi mandiri ITB tahun 2021 dirangkum dari laman admission.itb.ac.id

Baca Juga: Catat! Ini tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021

Persyaratan seleksi mandiri ITB 2021

  • Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS. Siswa dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) selama memiliki nilai rapor lengkap semester 1-6.
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  • Memiliki dan mengunggah nilai Rapor lengkap semester 1-6.
  • Memiliki nilai UTBK-SBMPTN 2021.
  • Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2021.
  • Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.
  • Lulusan tahun 2019 dan 2020 dapat mendaftar Seleksi Mandiri ITB asalkan memiliki nilai UTBK SBMPTN 2021.
  • Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi yang mendaftar ke jurusan yang mempersyaratkan bebas buta warna. 

Alur pendaftaran seleksi mandiri ITB 2021

1. Mendaftarkan diri dengan menggunakan nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif.

2. Mengisi data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.

3. Mengisi nilai rapor dan mengunggah hasil scan rapor asli (bukan fotokopi yang dilegalisasi) semester 1-6. Nilai rapor yang diisi dan diunggah adalah nilai pengetahuan/kognitif, pada skala 100. Diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimum 5 MB. Bila terdapat lebih dari 1 nilai Matematika atau lebih dari 1 nilai Bahasa Inggris dalam semester yang sama, silakan gunakan nilai mata pelajaran wajib.

4. Mengisi nomor peserta UTBK SBMPTN 2021. ITB akan meminta nilai UTBK SBMPTN 2021 peserta yang bersangkutan secara langsung dari LTMPT. Mohon peserta memastikan bahwa NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK SBMPTN 2021 yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB telah sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.

5. Mengisi nomor peserta UTBK SBMPTN 2021 tanpa tanda baca.

6. Mengunggah Kartu Peserta UTBK SBMPTN 2021 terbaru.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru