Pendaftaran Tutup 2 Hari Lagi, Cek Syarat Daftar 2 Sekolah Kedinasan Kemenkumham 2024

Selasa, 11 Juni 2024 | 16:32 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pendaftaran Tutup 2 Hari Lagi, Cek Syarat Daftar 2 Sekolah Kedinasan Kemenkumham 2024

ILUSTRASI. Pendaftaran Tutup 2 Hari Lagi, Cek Syarat Daftar 2 Sekolah Kedinasan Kemenkumham 2024.


PERGURUAN TINGGI -  Pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini akan ditutup dua hari lagi, tepatnya apda tanggal 13 Juni 2024.

Salah satu instansi yang menaungi sekolah kedinasan adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). 

Ada dua sekolah kedinasan yang berada di bawah Kemenkumham yaitu Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

Baca Juga: Cara Buat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2024, Pendaftaran Sekdin Tutup 3 Hari Lagi

Total kebutuhan formasi Poltekim dan Poltekip tahun 2024 adalah 400 formasi umum dengan perincian: 

1. Poltekim 200 formasi: 

  • Laki-laki: 175 
  • Perempuan: 25 

2. Poltekip 200 formasi: 

  • Laki-laki: 150 
  • Perempuan: 50 

Sedangkan untuk formasi khusus kuota yang tersedia yakni sebanyak 110 formasi kebutuhan. 

Merangkum situs Catar Kemenkumham, berikut ini persyaratan yang wajib dipenuhi peserta seleksi sekolah kedinasan Kemenkumham 2024.

Persyaratan mendaftar sekolah kedinasan Kemenkumham 2024

1. Warga Negara Republik Indonesia (Laki-laki / Perempuan).

2. Pendidikan SMA / Sederajat.

3. Usia minimal 17 tahun dan usia maksimal 23 tahun 0 bulan 0 hari pada awal pendaftaran tanggal 15 Mei 2024 (dibuktikan dengan Akta Kelahiran/surat keterangan lahir).

4. Tinggi Badan bagi Laki-laki minimal 170 cm, bagi Perempuan minimal 160cm, berat badan seimbang (ideal) berdasarkan hasil pengukuran yang dilaksanakan pada saat tes kesehatan oleh Tim Medis yang telah ditunjuk Panitia.

5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas Narkoba, tidak memakai kacamata dan/atau softlens, tidak tuli, tidak bisu, tidak buta warna, dan tidak pernah mengalami patah tulang.

6. Bagi Laki-laki tidak bertato/bekas tato dan tidak memiliki tindik / bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya.

7. Bagi Perempuan tidak bertato/bekas tato dan tidak memiliki tindik / bekas tindik pada 3 anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan)

8. Belum pernah menikah (baik secara negara, adat maupun agama) dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah/ Kepala Desa setempat dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan.

9. Bagi perempuan belum pernah melahirkan dan bagi laki-laki belum pernah memiliki anak biologis.

10. Bersedia ditempatkan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi dan Pemasyarakatan di seluruh Wilayah Indonesia.

11. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/pekerjaan dengan instansi/perusahaan lain.

Baca Juga: Dokumen Persyaratan Sekolah Kedinasan & Cara Buat Akun SSCASN di Dikdin.bkn.go.id

12. Khusus Bagi Calon Taruna/Taruni formasi pegawai / formasi pegawai Putra / Putri Papua / Papua Barat, selain harus memenuhi persyaratan di atas (poin 1-11), juga
harus memenuhi persyaratan:

  • Berusia maksimal 25 tahun 0 bulan 0 hari pada awal pendaftaran tanggal 15 Mei 2024
  • Mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan ikatan dinas dengan pangkat/golongan ruang setinggi-tingginya Pengatur Muda Tk.1/(II/b) dibuktikan dengan surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi (Pimpinan Unit Eselon II atau Kepala Kantor Wilayah).
  • Tidak dalam proses pemeriksaan/tidak sedang menjalani Hukuman Disiplin tingkat sedang atau berat dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani secara digital oleh Sekretaris Unit Utama / Kepala Biro / Kepala Kantor Wilayah melalui SUMAKER.
  • Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) Tahun 2022 dan Tahun 2023 minimal bernilai BAIK / SESUAI EKSPEKTASI dan seluruh komponen / unsur penilaian PPKP minimal baik serta telah membuat  Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2024 pada Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian  (SIMPEG). PPKP dibuat secara manual sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara;
  • Bagi pegawai yang sedang menduduki Jabatan Fungsional, bersedia mengundurkan diri dari Jabatan Fungsional setelah diterima sebagai Calon Taruna/Taruni.

Demikian informasi tentang persyaratan serat jumlah formasi kebutuhan sekolah kedinasan Kemenkumham tahun 2024. Bagi siswa yang memenuhi persyaratan di atas, bisa segera melakukan pendaftaran melalui situs Dikdin BKN hingga tanggal 13 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru