Pengertian dari narrative text, struktur serta contoh narrative text

Rabu, 04 November 2020 | 14:59 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pengertian dari narrative text, struktur serta contoh narrative text


EDUKASI -  Narrative text merupakan salah satu teks yang ada di materi pembelajaran bahasa Inggris. Teks ini sering dibahas di tiap jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA. Dalam soal ujian bahasa Inggris, narrative text juga sering disajikan. 

Bersumber dari Cambridge Dictionary, narrative atau naratif adalah sebuah cerita atau deskripsi dari serangkaian peristiwa. Peristiwa tersebut umumnya terjadi di masa lampau. 

Tujuan dari teks ini adalah untuk menghibur pembaca dengan kisah yang menarik. Dalam narrative text biasanya terkandung nilai moral yang bisa dipetik oleh pembaca. Moral value atau nilai moral dalam teks naratif sering ditanyakan pada soal-soal pembelajaran bahasa Inggris. 

Baca Juga: Mahasiswa, ini alasan soft skill harus diasah sejak di perkuliahan

Struktur narrative text

Setiap jenis teks baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris memiliki struktur yang berbeda. Melansir dari laman English First, narrative text memiliki struktur yang unik. Struktur tersebut berupa:

  • Orientation (pengenalan tokoh dan latar)
  • Complication (konflik dalam cerita)
  • Resolution (pemecahan masalah)
  • Reorientation (kesimpulan)

Narrative text sering disamakan dengan recount text, padahal mereka berbeda. Recount text biasanya berupa teks biografi atau pengalaman pribadi. 

Baik narrative maupun recount text menggunakan tenses yang sama. Tense yang digunakan dalam dua jenis teks ini dalam bentuk past. 

Anda bisa menemukan bentuk simple, continuous, atau perfect dalam bentuk past di narrative dan recount text. Untuk percakapan antar tokoh, tense yang digunakan biasanya dalam bentuk present. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru