Pengguna WhatsApp Bisa Gunakan Username Pada Update Berikutnya, Begini Tampilannya

Selasa, 30 Mei 2023 | 09:16 WIB   Penulis: Arif Budianto
Pengguna WhatsApp Bisa Gunakan Username Pada Update Berikutnya, Begini Tampilannya

ILUSTRASI. Pengguna WhatsApp Bisa Gunakan Username Pada Update Berikutny, Begini Tampilannya


WHATSAPP - Pengguna WhatsApp bakal bisa gunakan username pada update berikutnya, begini tampilannya. Belum sepenuhnya dirilis, fitur username di WhatsApp ini tersedia bagi pengguna versi Beta.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan pengguna untuk kberkomunikasi satu sama lain. Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa bertukar pesan,  melakukan panggilan suara hingga video call.

Aplikasi yang populer dengan sebutan WA ini juga kerap kali menghadirkan update baru seiring dengan berjalannya waktu. Seperti update yang belakangan ini ramai diperbincangkan di dunia maya, yaitu username.

Selain lewat nomor HP, kelak pengguna WhatsApp akan memiliki username yang kurang lebih fungsinya sebagai identitas akun.

Fitur baru WhatsApp ini dibagikan oleh WABetainfo, situs yang kerap kali membagikan update seputar WhatsApp hingga fitur-fitur barunya. Termasuk fitur baru WhatsApp yang satu ini, di mana pengguna nantinya bisa menggunakan username.

Fitur tersebut saat ini tersedia bagi pengguna WhatsApp Beta versi 2.23.11.15 yang tersedia di perangkat Android.

Baca Juga: Cara Berlangganan Prime Video Pengguna Telkomsel, Tonton Series, Film & Anime

Tampilan username di WhatsApp

Melalui screeshot yang dibagikan, fitur ini bakal Anda temukan di menu Settings Profile. Ketika Anda melihat profil, akan muncul beberapa informasi, termasuk Nama, Nomor HP, Tentang dan "WhatsApp username".

Inilah fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk mengatur username sendiri sebagai identitas dari akun pengguna. Username WhatsApp ini bersifat unik, di mana pengguna dapat menambahkan kontak tanpa harus menggunakan nomor HP.

Fitur username WhatsApp ini juga bertujuan untuk melindungi nomor HP pengguna agar tetap berkomunikasi secara pribadi. Jadi pengguna tidak perlu repot membagikan nomor pribadi, cukup dengan username.

Perlu diingat, fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu, tidak semua pengguna WhatsApp dapat menemukan fitur username ini.

Belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur username WhatsApp ini tersedia bagi pengguna secara luas.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjajal sederet fitur WhatsApp terbaru sebelum rilis ke publik, dapat bergabung ke program Beta Tester. Berikut ini cara bergabung program Beta Tester WhatsApp di HP Android.

Baca Juga: Cara Edit Pesan WhatsApp yang Terkirim di HP Android dan iPhone dengan Mudah

Cara mengikuti program Beta Tester di WhatsApp:

  1. Buka link berikut ini untuk mengikuti program Beta Tester WhatsApp di Play Store: https://play.google.com/apps/testing/com.whatsapp/join
  2. Selanjutnya, ketuk tombol "Become Tester" untuk bergabung menjadi Beta Tester
  3. Apabila Anda berhasil bergabung menjadi Beta Tester, maka akan muncul notifikasi "Welcome to the testing programme" dengan centang hijau
  4. Sekarang Anda bisa download update terbaru WhatsApp versi Beta di Android

Catatan tambahan, WhatsApp versi Beta ini bukan merupakan versi final. Kemungkinan akan menemukan bug, crash atau issue lainnya ketika aplikasi WhatsApp Beta itu dijalankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru