Edukasi

Penting untuk buah hati, ini 8 fungsi keluarga yang harus Anda terapkan

Selasa, 04 Agustus 2020 | 17:48 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Penting untuk buah hati, ini 8 fungsi keluarga yang harus Anda terapkan

ILUSTRASI. Peran dan fungsi keluarga yang penting bagi buah hati dan semua anggota keluarga.

KONTAN.CO.ID - Keluarga bagi anak-anak adalah tempat mereka melakukan banyak hal. Ada banyak fungsi keluarga yang memengaruhi tumbuh kembang si kecil. 

Sebelum menghadapi dunia luar, anak-anak belajar mulai dari lingkungan keluarga. Anak-anak menyerap segala informasi yang mereka dapat dari dalam rumah. 

Hal tersebut menjadikan fungsi keluarga sangat krusial bagi si kecil. Peran serta orangtua dan semua anggota keluarga menjadi sangat penting.

Agar tumbuh kembang si kecil maksimal, ada baiknya Anda tahu apa saja fungsi keluarga. Berikut 8 fungsi keluarga menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), agar keluarga dan buah hati tumbuh dengan baik:

  • Fungsi keluarga sebagai fungsi agama

Fungsi keluarga yang pertama adalah mengajarkan agama. Keluarga merupakan media pertama buah hati dalam belajar apapun. 

Keluarga berperan untuk membimbing anak dalam menjalankan agama. Seluruh anggota keluarga berperan penting dalam penanaman nilai-nilai agama yang positif.

Baca Juga: Ibu bekerja dan ibu rumah tangga, mana yang lebih baik?

  • Fungsi keluarga sebagai fungsi sosial budaya

Keluarga berperan dalam mengajarkan segala norma dan aturan kepada buah hati. Fungsi keluarga tersebut berguna untuk mengenalkan bagaimana kehidupan bermasyarakat. 

Seluruh anggota keluarga berperan dalam kontrol sosial buah hati. Mereka mengajarkan tentang apa saja yang boleh dan dilarang dilakukan. 

Budaya yang positif juga diajarkan di dalam keluarga. Budaya meminta tolong dan berterima kasih diajarkan sedini mungkin kepada buah hati. Budaya lain juga sebaiknya diajarkan saat anak masih kecil agar menjadi kebiasaan.

Baca Juga: Mulai tergerus zaman, ini permainan tradisional yang sarat nilai positif

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru