Piala Afrika: Kontroversi Wasit Tunisia vs Mali Akhiri Pertandingan Pada Menit 85

Kamis, 13 Januari 2022 | 12:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Piala Afrika: Kontroversi Wasit Tunisia vs Mali Akhiri Pertandingan Pada Menit 85

ILUSTRASI. Piala Afrika: Kontroversi Wasit Saat Laga Tunisia vs Mali

KONTAN.CO.ID - Piala Afrika diwarnai oleh kontroversi wasit yang mengakhiri pertandingan di menit 85 saat laga Tunisia melawan Mali pada Rabu (12/1/2022). 

Pertandingan Tunisia vs Mali merupakan laga pembuka Grup F Piala Afrika. Laga yang dipimpin oleh wasit Janny Sikazwe tersebut berjalan sengit karena kedua tim melakukan jual beli serangan selama pertandingan.

Namun Mali berhasil unggul berkat sepakan penalti Ibrahima Kone di menit 48. Dengan hasil tersebut Tunisia tertinggal 1-0 dari Mali hingga pertandingan berakhir.

Melansir dari Marca, terjadi kontroversi sebelum pertandingan berakhir. Wasit Janny Sikazwe meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua sebelum waktu 90 habis.

Hal tersebut membuat kejutan di tribun, di lapangan, dan dari mereka yang menonton di rumah karena waktu baru menunjukkan menit ke-85.

Akibat keputusan tersebut kubu Tunisia menyuarakan kemarahan dan mereka protes terkait keputusan tersebut.  Hal tersebut menyebabkan Sikazwe menyadari kesalahannya dan melanjutkan pertandingan.

Baca Juga: 2 Layanan Streaming Legal dan Gratis Terbaik 2022, Silakan Coba

Tetapi itu kontroversi belum berakhir, Wasit berusia 42 tahun itu kembali mengakhiri waktu pertandingan, tapi kali ini di menit ke-89. 

Pasalnya masih ada 20 detik dari 90 menit tersisa dan tidak ada waktu tambahan. 

Sikazwe mencoba membuat para pemain kembali ke lapangan untuk sisa waktu, dan Mali menurutinya.

Tapi Tunisia menolak untuk kembali ke lapangan, keputusan yang bisa membuat mereka kalah 3-0, atau bahkan dikeluarkan dari turnamen.

Selanjutnya: Tengah Hari, Rupiah Spot Menguat 0,09% ke Rp 14.310 Per Dolar AS

Editor: Ryan Suherlan
Terbaru