PJI DorongPelajar Indonesia Siap Berkompetisi Wirausaha Tingkat Global

Minggu, 14 Juli 2024 | 22:57 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
PJI DorongPelajar Indonesia Siap Berkompetisi Wirausaha Tingkat Global

ILUSTRASI. PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG membawa pelajar Indonesia ke kompetisi wirausaha tingkat global


PENDIDIKAN - Prestasi Junior Indonesia bersama Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks Indonesia, dan AIG Indonesia menyelenggarakan ‘PJI Company of the Year Competition 2024 (PJI COY). Ajang ini menjadi  awal bagi wirausaha muda di berbagai daerah di Indonesia yang akan  menuju kompetisi wirausaha tingkat Asia Pasifik di Tokyo, Jepang, dan juga tingkat global di tahun 2025.

Lewat program Student Company, para siswa didampingi secara intensif sekaligus didorong agar dapat membentuk tim, mengembangkan ide dan strategi, serta mengoperasikan bisnis di sekolah  untuk kemudian berkompetisi di tingkat nasional sejak Agustus 2023.

Pada periode sebelumnya, program Student Company berhasil mengedukasi 1.336 siswa di 15 kota serta melahirkan 55 bisnis baru yang mengontribusikan total pendapatan bisnis hingga Rp 545 juta.

Baca Juga: Liburan Berakhir, Ini 9 Tips Mengatasi Rasa Malas pada Anak untuk Sekolah

Pribadi Setiyanto, Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia, mengatakan bahwa student Company dan PJI COY tahun ini menitikberatkan pada keseimbangan antara profitabilitas, keberlanjutan, dan optimasi teknologi pada bisnis. Siswa didorong untuk menggali kreativitas dan inovasi tanpa batas dalam menciptakan peluang ekonomi baru yang mengedepankan etika dan kontribusi sosial ekonomi.

"Dengan fokus ini, kami berharap bisnis yang mereka rintis dapat memberikan manfaat untuk masyarakat serta unggul di kancah internasional," kata Pribadi dalam acara PJI Company of the Year Competition 2024 yang dihadiri KONTAN, Sabtu (13/7).

Heriyanto A. Putra, Wakil Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich Indonesia), mengungkapkan bahwa sejalan dengan tujuan Zurich untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, pihaknya bangga melihat potensi generasi muda Indonesia dalam menghadirkan usaha kecil yang berdampak melalui Zurich Entrepreneurship Program.

Baca Juga: Ini 7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Hilangkan Canggung

"Bersama PJI dan dengan dukungan dari Z Zurich Foundation, kami akan memperluas kesuksesan program edukasi ini dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah di periode implementasi berikutnya. Kami melibatkan karyawan untuk menjadi mentor para siswa dalam membangun bisnisnya," katanya. 

Dalam PJI Company of the Year Competition 2024 ini, dewan juri yang datang dari kalangan pengusaha dan profesional bisnis mengevaluasi kinerja bisnis para siswa secara komprehensif, termasuk pembelajaran yang diperoleh dari partisipasi mereka dalam program Student Company.

Selain penghargaan PJI Company of the Year, ke sebelas tim juga memperebutkan tiga penghargaan baru tahun ini, yaitu Best Financial ManagementSustainability Excellence, dan Best Use of Technology

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru