Sport

PLN Electric Run 2024, 6.000 Pelari Promosikan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

Minggu, 06 Oktober 2024 | 10:14 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
PLN Electric Run 2024, 6.000 Pelari Promosikan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

ILUSTRASI. PLN Electric Run 2024.


EVENT LARI - TANGERANG. PT PLN berkolaborasi dengan Harian Kompas menggelar PLN Electric Run 2024. Ajang ini sekaligus mengukuhkan komitmen PLN dalam membangun sinergi bersama masyarakat untuk memelihara alam.

Tahun ini, PLN Electric Run berlangsung pada 6 Oktober 2024 di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, dan diikuti 6.000 pelari. Kegiatan lari ini mempromosikan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

PLN Electric Run 2024 kembali menggalakkan transisi energi sebagai salah satu gerakan mencapai masa depan hijau dan berkelanjutan. BUMN listrik ini optimistis, perhelatan ini bisa berkontribusi menurunkan emisi karbon hingga 14.363 kilogram.

Beberapa inisiatif PLN lakukan untuk meraih target ini, antara lain pemberian bibit tanaman yang bisa para peserta bawa pulang serta pemberian sepeda motor listrik bagi pengemudi Gojek di sekitar lokasi kegiatan. 

"Kami di PLN sangat berkomitmen untuk mendukung transisi energi bersih dan ramah lingkungan," kata Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN di sela-sela PLN Electric Run 2024.

Baca Juga: PLN Electric Run 2024, Misi Pangkas Emisi Karbon 14.363 Kg

Dengan target menurunkan emisi karbon hingga lebih dari 14.000 kg, PLN berharap, bisa menunjukkan, bahwa setiap langkah kecil dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan.

"Langkah-langkah inilah yang akan mendorong perubahan nantinya," ujar Darmawan.

PLN Electric Run 2024 terdiri dari tiga kategori: 21K (Half Marathon), 10K, dan 5K. Masing-masing kategori memberikan pengalaman lari yang dapat bisa antusiasme berkompetisi dan menyenangkan. 

Harapannya, lintasan yang telah dirancang khusus dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan, bsa menginspirasi peserta untuk menebarkan energi positif yang berdampak.

Total hadiah PLN Electric Run 2024 mencapai Rp 730 juta. Dan, grand prize bagi pemecah rekor half marathon nasional kategori laki-laki dan perempuan, yakni mobil listrik Wuling Air EV.

Baca Juga: PLN Electric Run 2024, Pemecah Rekor Nasional Half Marathon Dapat Hadiah Ini

Sayang, tidak ada rekor baru yang tercipata dalam PLN Electric Run 2024. 

Gelar juara putra diraih Robi Syianturi dengan catatan waktu 1 jam 8 menit, masih di bawah rekor half marathon nasional atas namanya sendiri 1 jam 4 menit 48 detik.

Sedang gelar juara putri disabet Odekta Elvina Naibaho dengan catatan waktu 1 jam 17 menit. Belum mematahkan rekor nasional half marathon putri milik Triyaningsih, dengan waktu 1 jam 13 menit.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra menuturkan, misi PLN Electric Run 2024 sejalan dengan semangat Kompas yang terus memberdayakan masyarakat untuk bertransformasi demi masa depan yang berkelanjutan.

"Kami percaya, PLN Electric Run dapat membangkitkan semangat komunitas dan menginspirasi banyak orang untuk mengambil bagian dalam transisi menuju energi yang lebih bersih dan berkelanjutan," sebutnya.

"Mari kita gunakan momentum ini untuk menciptakan gerakan yang lebih luas dalam melestarikan alam, sekaligus merayakan kesehatan dan kebersamaan," imbuh dia.

Selanjutnya: Imajin Bangun Pusat Inovasi Manufaktur di BSD City

Menarik Dibaca: Berikut Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru