Pratinjau Android 15 Diumumkan, ini Jadwal Rilis OS Robot Hijau Versi Terbaru

Senin, 19 Februari 2024 | 10:07 WIB   Penulis: Arif Budianto
Pratinjau Android 15 Diumumkan, ini Jadwal Rilis OS Robot Hijau Versi Terbaru

ILUSTRASI. Pratinjau Android 15 Diumumkan, ini Jadwal Rilis OS Robot Hijau Versi Terbaru


ANDROID - Pratinjau atau preview Android 15 diumumkan, berikut jadwal rilis OS robot hijau versi terbaru. Perilisan awal Android 15 duglirkan mulai bulan Februari 2025 untuk Developer Preview yang nantinya akan disusul versi Beta hingga Stabil.

Boro-boro menjajal Android 14, Google belum lama (16/2) ini telah mengumumkan versi terbaru dari Android yang ke-15.

Android 15 atau yang juga dikenal dengan Android Vanilla Ice Cream ini bakal memasuki tahap Developer Preview 1 yang tersedia untuk beberapa ponsel pintar Android besutan mereka.

Setidaknya untuk tahap uji coba, Android 15 bisa dipasang pada beberapa model HP Google Pixel, mulai dari seri Pixel 8, Pixel 8 Pro, Pixel 7a, Pixel 7 Pro, Pixel 7, Piexel 6a, Pixel 6 Pro, Pixel 6, Pixel Fold dan Pixel Tablet.

Sayang sekali, untuk HP Android dari pabrikan lain masih belum terungkap kapan akan mendapatkan OS Android 15 yang terbaru ini.

Kira-kira bakal ada apa saja di Android 15 yang terbaru ini?

Google Android maskot

Baca Juga: Bikin PDF dengan Mudah Convert dari Foto, Berikut Link Download CamScanner APK

Dilansir dari Phone Arena, Android 15 bakal menghadirkan peningkatan dalam beberapa aspek. Mulai dari aspek keamanan, di mana bakal mendukung fitur Privacy Sandbox yang dirancang untuk melindungi data pengguna sambil tetap mengizinkan beberapa ikaln bertarget.

Health Connect diperluas untuk memungkinkan pengguna mengelola lebih banyak informasi tentang kesehatan yang mungkin terhubung dengan gawai lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Perlindungan file sebagai fitur baru membantu pengembang memastikan apakah file aplikasi aman dan mencegah gangguan atau kerusakan yang dapat menyebabkan masalah pada sebuah aplikasi.

Fitur share screen juga ditingkatkan, di mana pengguna dapat memilih jendela tertentu saat dibagikan tanpa perlu menampilkan keseluruhan layar.

Android 15 juga bakal mempermudah pengembang dalam beberapa skenario. Misalnya menangkap hasil foto meskipun cahaya redup dan mengontrol lampu kilat secara tepat untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Aplikasi pembuatan musik juga mendapatkan peningkatan MIDI virtual sehingga dapat menuangkan ide kreatif dengan mudah.

Soal performa, Android 15 kabarnya bakal berfokus pada manajemen daya dan panas. Aplikasi yang berfokus pada performa, misalnya pada game dapat memanfaatkan sumber daya perangkat dengan lebih baik sekaligus mengelola sumber daya dan menghindari panas berlebih.

Setelah mengetahui apa saja peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, kapan pengguna bisa menjajal OS robot hijau terbaru itu?

Google mengumumkan jadwal perilisan Android 15 sebagai berikut.

Baca Juga: HyperOS, Inilah Daftar HP Xiaomi yang Dapat Update OS Tersebut Februari 2024

Jadwal Rilis Android 15:

  • Developer Preview 1 (sudah tersedia)
  • Developer Preview 2 (Maret)
  • Beta 1 (April)
  • Beta 2 (Mei)
  • Beta 3 (Juni)
  • Beta 4 (Juli)
  • Rilis Final (Akan diumumkan)

Bagaimana menurut Anda, apakah Android 15 menghadirkan fitur yang dinantikan ketika rilis nanti?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru