Profil Cesare Casadei: Calon Pemain Terbaik Piala Dunia U-20 2023

Minggu, 11 Juni 2023 | 08:20 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Profil Cesare Casadei: Calon Pemain Terbaik Piala Dunia U-20 2023


SEPAK BOLA - JAKARTA. Nama Cesare Casadei belakangan ini menjadi perbincangan berkat performa menonjolnya di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Kapten timnas U-20 Italia ini tidak hanya sukses membawa timnya masuk ke final Piala Dunia U-20 untuk pertama kalinya, Casadei juga hampir dipastikan jadi pencetak gol terbanyak di kompetisi ini.

Casadei lagi-lagi berhasil mencetak gol di partai semifinal melawan Korea Selatan pada hari Jumat (9/6) pagi. Satu gol itu juga berhasil memantapkan Casadei untuk berada di puncak daftar top scorer Piala Dunia U-20 dengan torehan 7 gol dan 2 assist.

Jumlah gol itu sepertinya tidak akan dikalahkan oleh pemain lain, mengingat pesaing terdekatnya, Marcos Leonardo dari Brasil, telah gugur di babak perempat final.

Pencetak gol terbanyak Uruguay, Anderson Duerte, juga baru mengemas 3 gol sejauh ini.

Jika berhasil menjadi juara Piala Dunia U-20 tahun ini, Casadei jelas akan menjadi pemain terbaik sekaligus pencetak gol terbanyak di kompetisi ini.

Baca Juga: Hasil Semifinal Piala Dunia U-20 2023: Uruguay dan Italia Bertemu di Final

Profil Cesare Casadei

Cesare Casadei lahir di Ravenna, Italia, pada 10 Januari 2003 silam. Pemain berusia 20 tahun ini bermain di posisi gelandang tengah dan mampu bekerja dengan sangat baik untuk bertahan maupun menyerang.

Casadei memulai karir mudanya bersama klub Cervia sebelum akhirnya dilirik Cesena dan sukses membawa tim U-15 mereka menembus babak play-off nasional. Saat Cesena bangkrut di tahun 2018, talenta Casadei diselamatkan oleh Inter Milan. Di sana, dirinya mulai menunjukkan perkembangan luar biasa.

Cesare Casadei

Di usia 16 tahun, Casadei sukses mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-95 di babak perempat final play-off dan membawa Inter Milan menjuarai turnamen U-17 di musim 2018/2019.

Musim berikutnya, Casadei menjadi pemain reguler Inter Milan U-19. Dirinya sukses jadi bintang saat membawa Nerazzurri menjadi juara nasional di musim 2021/2022.

Total ia mencetak 16 gol dalam 38 penampilan di divisi Primavera papan atas dan UEFA Youth League musim 2021/22. Berkat performa gemilangnya itu, Casadei kerap disertakan dalam latihan tim senior Inter.

Baca Juga: Dikabarkan Gabung Klub Arab Messi Kembali Berlatih Bersama PSG

Cesare Casadei Bergabung dengan Chelsea FC

Casadei kemudian dilirik Chelsea FC di musim berikutnya. The Blues berhasil mengamankan bakatnya dengan kontrak berdurasi enam tahun. Ia ditempatkan di skuad U-21 Chelsea dan saat ini dipinjamkan ke Reading yang bermain di divisi Championship, kasta kedua kompetisi sepak bola Inggris.

Bersama Reading di musim 2022/2023, Casadei mencatat 15 penampilan dan mengemas 1 gol.

Sebelum dipinjamkan, Casadei tercatat mencetak 5 gol dalam 13 penampilannya di Liga Premier 2 dan turnamen Papa John's Trophy. Casadei juga sempat bergabung dengan training camp musim dingin tim senior Chelsea di Abu Dhabi saat masih ditukangi Graham Potter.

Performanya di Piala Dunia U-20 tahun ini jelas akan sangat menentukan karir Casadei di masa depan. Chelsea sepertinya masih akan meminjamkan Casadei ke klub lain untuk mematangkan talentanya.

Para penggemar percaya Casadei akan segera mengisi tim senior Chelsea dan menjadi gelandang masa depan The Blues.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru