Tokoh

​Profil dan perjalanan karier Maudy Ayunda, Forbes 30 Under 30 Asia 2021

Senin, 26 April 2021 | 13:23 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Profil dan perjalanan karier Maudy Ayunda, Forbes 30 Under 30 Asia 2021

ILUSTRASI. Maudy Ayunda masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021.

KONTAN.CO.ID - Maudy Ayunda masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021. Beberapa hari lalu, Forbes merilis daftar anak muda yang masuk dalam daftar 30 under 30 Asia 2021. 

Sejumlah anak muda Indonesia berusia di bawah 30 tahun dianggap mampu memberikan terobosan turut masuk dalam daftar Forbes.

Salah satunya aktris asal Indonesia, Maudy Ayunda yang masuk dalam kategori Entertainment & Sports. Awalnya, Maudy Ayunda dikenal sebagai aktis cilik. 

Saat remaja, Maudy Ayunda mulai menjajal karier sebagai penyanti saat remaja. Di samping itu, dia juga masih aktif sebagai aktris di dunia seni peran. 

Dikutip dari laman Forbes, Maudy Ayunda telah menjadi pemeran utama wanita di lebih dari sepuluh film.  Pada 2019, film yang dibintangi oleh Maudy Ayunda yakni Habibie & Ainun 3 menghasilkan 2 juta penjualan tiket. 

Maudy juga dipilih oleh Disney untuk menyanyikan soundtrack versi Indonesia untuk film Moana.  Maudy Ayunda juga dikenal sebagai aktivis yang peduli isu tentang pendidikan, pemberdayaan pemuda, dan masalah literasi. 

Dia mendirikan Inspira nirlaba untuk mendukung pengembangan karier dan bimbingan bagi pemuda Indonesia. Saat ini, Maudy menempuh pendidikan S2 bidang Filsafat, Politik dan Ekonomi di Oxford, serta Bisnis dan Pendidikan di Universitas Stanford, Amerika Serikat.

Baca Juga: Profil Jerome Polin, Forbes 30 under 30 Asia 2021

Biografi dan perjalanan karier Maudy Ayunda 

Biografi Maudy Ayunda

Dikutip dari laman IMDB, Maudy pertama kali debut melalui film Untuk Rena (2005) dan berakting bersama Surya Saputra.

Setelah itu, ia mendapatkan peran yang lebih besar dalam Sang Pemimpi (2009), disutradarai oleh Riri Riza. Ia memerankan karakter bernama Zakiah Nurmala, sebagai kekasih salah satu tokoh protagonis, di mana lagunya Mengejar Mimpi menjadi soundtrack. 

Pada 2011, Ayunda tampil dalam film musikal Rumah Tanpa Jendela dan Tendangan dari Langit. Setahun berikutnya, ia tampil dalam film Malaikat Tanpa Sayap bersama Adipati Koesmadji. Film tersebut juga mempertemukan Maudy dengan Surya Saputra.

Ayunda merilis album debutnya yang bertajuk Panggil Aku ... pada tahun 2011. Album tersebut berisi 10 lagu yang salah satunya ditulisnya, yakni Tetap Bersama

Baca Juga: Anda ingin jadi jutawan di usia muda, lakukan 10 hal ini!

Maudy juga semakin memperoleh ketenaran melalui film Perahu Kertas (2012) dan berakting dengan Adipati Dolken. Di film tersebut, Maudy menyanyikan lagu Perahu Kertas karangan Dewi Lestari.

Pada Januari 2014, dia merekam lagu duet berjudul By My Side dengan penyanyi David Choi. Lagu ini telah diputar di Indonesia, dan dirilis di iTunes Music Indonesia pada 10 Januari 2014. 

Video musik By My Side telah dirilis di YouTube pada 19 Maret 2014. Lalu, pada 1 April 2015, Maudy merilis album studio keduanya bertajuk Moments

Selain itu, album ini menghasilkan tiga single lainnya: Cinta Datang Terlambat, Bayangkan Rasa, dan Untuk Apa serta meraih penghargaan Multi-Platinum karena terjual lebih dari 200.000 eksemplar.

Selanjutnya: Film Indonesia terbaru Losmen Bu Broto selesai syuting, tayang tahun 2021 di bioskop

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru