Edukasi

PTPN IV Luncurkan PalmCo Scholarship, Peluang Beasiswa dan Karier untuk Mahasiswa

Jumat, 18 Oktober 2024 | 18:09 WIB   Reporter: Noverius Laoli
PTPN IV Luncurkan PalmCo Scholarship, Peluang Beasiswa dan Karier untuk Mahasiswa

PT Perkebunan Nusantara IV (PalmCo), sub-holding dari PTPN III, meluncurkan PalmCo Scholarship, program beasiswa untuk mahasiswa strata satu di Indonesia.


PTPN - JAKARTA. PT Perkebunan Nusantara IV (PalmCo), sub-holding dari PTPN III, meluncurkan PalmCo Scholarship, program beasiswa untuk mahasiswa strata satu di Indonesia. 

Program ini tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan dan biaya hidup, tetapi juga membuka kesempatan magang dan peluang kerja di perusahaan perkebunan sawit terbesar di dunia.

“Program ini bukan hanya sekadar membantu biaya kuliah. Melainkan juga dukungan menyeluruh dalam bentuk kesempatan magang, pembinaan karakter, hingga peluang untuk bekerja menjadi karyawan di PTPN IV,” kata Jatmiko Santosa, Direktur Utama PTPN IV, dalam siaran pers seperti dikutip Jumat (18/10).

Baca Juga: PTPN IV PalmCo Targetkan 2,1 Juta Bibit Unggul Diserap Petani Hingga Akhir 2024

Jatmiko menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk membangun generasi muda yang mampu bersaing di dunia kerja. Dengan beasiswa dan pelatihan vokasi, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan tidak hanya dalam teori, tetapi juga dalam praktik.

Dalam kolaborasi dengan BenihBaik.com, platform yang didirikan Andy F. Noya, PalmCo menyeleksi puluhan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, hingga Kalimantan.

Mahasiswa yang terpilih akan menerima beasiswa penuh selama empat tahun, meliputi biaya kuliah dan biaya hidup. Total dana yang disediakan mencapai hampir Rp 2 miliar.

Andy F. Noya, yang turut hadir dalam acara peluncuran, menyatakan bahwa program ini istimewa karena memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi pendidikan mahasiswa. "Tidak banyak yang berpikir dan bertindak seperti PalmCo ini. Untuk itu manfaatkan dengan sebaik-baiknya," ujar Andy. 

Baca Juga: PTPN IV PalmCo Bidik 40% Penurunan Emisi Karbon di 2030

Ia menekankan bahwa PalmCo berkomitmen pada prinsip bisnis berkelanjutan, yang mengutamakan keseimbangan antara kepentingan manusia, lingkungan, dan keuntungan.

Program PalmCo Scholarship merupakan kerjasama kedua antara PTPN IV dan BenihBaik.com, setelah sebelumnya mereka meluncurkan Program Green Harmony yang fokus pada kelestarian lingkungan. 

Andy mengapresiasi PalmCo yang telah membuktikan komitmennya tidak hanya melalui slogan, tetapi juga melalui tindakan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain memberikan beasiswa untuk 48 bulan, PalmCo juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan lima universitas di Sumatra Utara untuk memberikan beasiswa satu tahun kepada 150 mahasiswa, serta bantuan biaya bimbingan belajar untuk 100 siswa SMA. Total dana sebesar Rp 1,7 miliar dialokasikan untuk 250 penerima manfaat selama 12 bulan ke depan.

Baca Juga: PTPN Minta Impor Gula Ditunda Dulu

Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV, Irwan Perangin-angin, berharap program ini dapat membantu memutus rantai kemiskinan melalui pendidikan. 

“Kita ingin memberikan kesempatan yang sama bagi anak-anak muda untuk meraih impian,” ujarnya. Ia juga berpesan agar para penerima beasiswa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengasah keterampilan dan mencapai cita-cita. 

Selanjutnya: Waskita Karya (WSKT) Dapat Proyek Rehabilitasi Daerah Irigasi Cibaliung

Menarik Dibaca: Pelantikan Presiden RI, KAI Rekayasa Operasional 32 Kereta Jarak Jauh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru