Punya teknologi supercharger, begini gambar paten motor adventure terbaru Honda

Rabu, 14 Oktober 2020 | 15:19 WIB Sumber: Visordown
Punya teknologi supercharger, begini gambar paten motor adventure terbaru Honda


TEASER MOTOR - Honda sedang mematenkan sepeda motor adventure dengan teknologi supercharger yang diprediksi sebagai model Honda Africa Twin masa depan. Honda Africa Twin atau Honda CRF1100L diklaim punya kekuatan dan angka emisi yang berbeda.

Desain motor Honda terbaru pada gambar paten menunjukkan sebuah kerangka sepeda motor Adventure yang sama seperti Honda Africa Twin. Sistem memperlihatkan unit supercharger yang sebenarnya dipasang di atas gearbox ini akan dtempatkan tepat di belakang laras mesin. 

Mengutip dari Visordown.com, teknologi tersebut akan memberikan ruang udara masuk yang diumpan ke inlet supercharger melalui snorkel panjang yang berjalan di sisi kiri down-tube mesin. Kemudian, udara akan bertemu dengan sebuah ruang atau kotak pengumpulan oleh steering head.

Setelah disikluskan melalui teknologi supercharger, udara bertekanan akan diumpankan ke mesin melalui lubang masuk melengkung yang berputar di atas ketinggian kepala silinder. 

Baca Juga: Harga Kawasaki W175 sedang murah, ada diskon hingga Rp 10,9 juta

Paten Motor Honda African Twin

 

Di sinilah udara dicampur dengan bahan bakar dan diumpankan ke mesin. Supercharge yang dipilih Honda terlihat seperti tipe twin-screw, di mana dua sekrup terjalin dalam sinkronisasi untuk menyedot udara.

Sehingga, udara akan tersedot melalui sisi teknologi supercharger dan memaksanya keluar melalui sisi discharge mesin.

Motor Honda Africa Twin 2020

Alasan Honda masih belum sepenuhnya jelas mengapa mengusung teknologi supercharge ini. Bukan tidak mungkin untuk mencoba dan membantu sepeda motor adventure terbarunya menjadi yang paling bertenaga di pasar. 

Salah satu alasannya, mesin Honda Africa Twin saat ini tidak masuk dalam standar peraturan emisi. Menambahkan supercharger, mungkin mengubah sedikit perpindahannya. Honda Africa Twin diprediksi akan menjadi terkuat di kelas motor adventure.

Selanjutnya: Mewah dan elegan! Begini interior Aznom Palladium, kombinasi SUV dengan sedan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru