Ragam pola pemasangan keramik, mana pola yang menjadi favorit Anda?

Selasa, 09 November 2021 | 10:15 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Ragam pola pemasangan keramik, mana pola yang menjadi favorit Anda?

KONTAN.CO.ID - Sebagai komponen bangunan yang menutupi sebagian besar permukaan rumah seperti lantai dan dinding, keramik tentu merupakan hal yang keberadaannya cukup esensial di rumah.

Penggunaan keramik pun berperan dalam menentukan tampilan rumah. Misalnya, jika dipasang dengan pola tertentu, tampilan rumah akan langsung terlihat berbeda dan keren.

Nah, supaya rumah Anda tampil beda, tentu Anda perlu mengetahui jenis-jenis pola pemasangan keramik. Mulai dari pola linear hingga sarang lebah, pola-pola pemasangan keramik berikut menarik untuk dicermati.

Dilansir dari Tile Giant UK dan Bunnings Australia, berikut pola pemasangan keramik yang bisa Anda coba di rumah.

Baca Juga: Penggunaan wood slat untuk interior rumah, simpel tapi berkesan

Lurus

Disebut juga sebagai pola linear, pola lurus merupakan pola keramik yang paling simpel dan mudah. Anda tinggal memasang keramik secara lurus dan sejajar sehingga membentuk pola kotak-kotak yang simpel. Sebagai variasi, coba gunakan warna keramik yang berbeda untuk menciptakan pola papan catur.

Diagonal

Hampir sama dengan pola lurus, pola diagonal dipasang secara lurus dan sejajar. Hanya saja, keramiknya diputar sebesar 45 derajat sehingga miring dan membentuk belah ketupat. Anda bisa menggunakan pola ini untuk membuat ruangan kecil terasa besar dan lapang.

Herringbone

Pola herringbone yang terinspirasi dari bentuk tulang ikan ini dibentuk dengan menyusun keramik persegi panjang menyerupai bentuk zig-zag. Pola ini dapat memberi kesan dinamis pada ruangan kecil, dan cocok untuk koridor dan eksterior rumah.

Basket weave

Pola basket weave atau anyaman dibentuk dengan menyusun sepasang keramik persegi panjang yang ditempel pada sisi panjangnya. Lalu, keramik di sebelahnya menggunakan pasangan keramik yang sama, tapi diputar 90 derajat. Jadi, ada selang-seling antara bentuk horizontal dan vertikal yang menyerupai pola anyaman.

Baca Juga: Laba bersih Jasa Marga (JSMR) melesat 375% hingga September 2021, ini penyebabnya

Modular

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @tileflair

Pola modular menggabungkan beberapa ukuran keramik yang berbeda dalam satu pola. Umumnya, keramik yang digunakan adalah keramik persegi dan persegi panjang yang disusun menjadi satu. Pola ini dapat menghasilkan tampilan lantai yang dinamis dan unik, tapi tidak terlihat berlebihan.

Brick bond

Pola brick bond menggunakan keramik persegi panjang yang disusun menyerupai tembok bata. Pola ini bisa menjadi alternatif bila Anda bosan dengan pola linear, tapi menginginkan tampilan ruangan yang tetap simpel dan modern. Pola brick bond bisa Anda gunakan pada dinding dapur atau kamar mandi.

Honeycomb

Pola honeycomb atau sarang lebah dibentuk dengan cara menyusun keramik berbentuk heksagonal atau segienam. Penggunaan pola ini bisa menghasilkan kesan geometris yang simpel, tapi tetap menarik perhatian dan membuat ruangan terlihat stylish.

Selanjutnya: Tiket World Superbike di Sirkuit Mandalika dapat dibeli lewat situs Tiketapasaja.com

Editor: Kania Paramahita
Terbaru