Ramaikan persaingan smart TV, coocaa luncurkan seri S3U, pakai sistem operasi sendiri

Selasa, 07 September 2021 | 22:31 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Ramaikan persaingan smart TV, coocaa luncurkan seri S3U, pakai sistem operasi sendiri

ILUSTRASI. coocaa smart TV dengan Coolita OS

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Harga menjadi salah satu pilihan dalam membeli produk. Maka, coocaa,  penyedia layanan smart TV, sistem R&D dan sistem operasi konten, meluncurkan Coolita OS. 

Ini adalah  sistem operasi (OS) smart TV pertama yang dikembangkan sendiri oleh coocaa,  Coolita OS merupakan sebuah lite Web OS yang diciptakan dari Linux Kernel. Saat ini tersedia di beberapa pasar Asia Tenggara seperti India, Indonesia, Thailand, dan Vietnam,   

“Kami berharap  menciptakan ekosistem smart TV yang lebih luas dan baik  lagi. Juga menghasilkan produk yang lebih trendi  dan berteknologi canggih serta dapat dinikmati oleh semua orang di dunia,” ujar Raul Hua, General  Manager of Coolita Global Business Department, dalam keterngan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (7/9).   

Dengan sistem operasi sendiri, coocaa  bisa mengirit pemakaian memori di televisi.  Sehingga bisa memasukkan aplikasi lebih banyak. Dan tak kalah penting bagi konsumen adalah harga jual lebih murah.  

Salah satu produk pertama coocaa menggunakan Colita OS adalah coocaa S3U. Produk ini sudah  tersedia di JD.ID, Lazada, dan Shopee dengan harga Rp 2,1 juta. 

Harga ini menjadi jembatan kesenjangan harga antara TV tradisional dan TV Android yang saat ini ada di pasar. Khusus di di JD.ID pada tanggal 9 – 11 September 2021, coocaa S3U dijual dengan harga  Rp 2,05 juta. 

Apa saja fitur coocaa S3U? Salah satunya CC Plus, platform streaming terintegrasi yang didukung oleh Coolita OS. Dengan CC Cast,, pengguna dapat memproyeksikan konten dari perangkat Android ke layar TV tanpa koneksi Internet atau Wi-Fi. Cukup  menghubungkan ke jaringan area lokal (LAN) dari TV.

Ada pilihan hiburan lain termasuk lite cloud games yang sudah terpasang di dalamnya. Juga  browser Internet dan store, dan. Serta  Data Saver yang menyediakan pengingat data real-time untuk membantu pengguna dalam mengelola  penggunaan data mereka dengan mudah. 

Mode Proteksi Mata untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman dan menyenangkan dengan tampilan low-blue-light.
Sebagai smart TV pertama di dunia Coolita OS 1.0, coocaa S3U dilengkapi dengan layar Direct View LED (DLED) berukuran 32 inci dengan resolusi 1366×768 piksel.  Dengan rasio layar 16:9 dan lima mode gambar yang dapat dipilih mulai dari Standard, Vivid, Game, Movie, dan Sports,

TV ini juga menghadirkan audio  dengan dua speaker tunggal berdaya tinggi 10W. Mengusung teknologi coocaa Sound AES (Audio Enhanced Surround), serta efek Dolby Audio.

 

 

Editor: Ahmad Febrian
Terbaru