Rekomendasi 7 Film Indonesia Tontonan di Perayaaan Hari Pahlawan Nasional, Apa Saja?

Jumat, 10 November 2023 | 09:19 WIB   Penulis: Mega Putri
Rekomendasi 7 Film Indonesia Tontonan di Perayaaan Hari Pahlawan Nasional, Apa Saja?

Film-film Indonesia yang menarik ditonton di bulan kemerdekaan Indonesia tahun 2021 ini.


FILM - Ada banyak cara mengenang atau merayakan Hari Pahlawan. Salah satunya yaitu nonton film-film tentang pahlawan kemerdekaan untuk mengingat jasa mereka di perayaan Hari Pahlawan 10 November 2023 ini.

Ada banyak daftar film Indonesia yang menarik tentang tokoh pahlawan sejarah. Mereka memberikan banyak contoh dan memulai perubahan di masa sulit sebelum kemerdekaan. 

Film-film Indonesia tersebut bisa meningkatkan rasa nasionalisme penonton di Hari Pahlawan. Berikut ini film-film Indonesia yang menarik ditonton untuk meramaikan perayaan Hari Pahlawan 10 November 2023. 

Soekarno

Soekarno

Film Indonesia tentang bapak proklamator ini dapat disaksikan di Netflix. Film tentang presiden pertama Indonesia ini dibintangi Ario Bayu (Gadis Kretek) dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo. 

Film ini menceritakan perjalanan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Tidak hanya itu, film ini juga menampilkan romansa dalam hidup Soekarno.

Baca Juga: The Marvels Kini Tayang di Bioskop, 6 Fakta Menarik Film Marvel Terbaru 2023 Ini

Sang Pencerah

Film ini menceritakan perjuangan Ahmad Dahlan sang pendiri organisasi Islam bernama Muhammadiyah. Ahmad Dahlan menghadapi banyak tantangan dalam menegakkan agama Islam di Jawa. 

Sang Pencerah dibintangi Lukman Sardi, Slamet Rahardjo, dan Zaskia Adya Mecca. Film Indonesia di Netflix ini menunjukkan perjuangan tokoh sejarah ini cocok ditonton di Hari Pahlawan hari ini.

Sang Pencerah

Sang Kiai

Selain Sang Pencerah, film Indonesia ini juga menampilkan kisah hidup tokoh Islam di Indonesia. Ada film Sang Kiai yang menceritakan perjuangan K.H. Hasyim Asy'ari dari Nahdhatul Ulama.  

K.H. Hasyim Asy'ari dan para santrinya berjuang melawan kekejaman Jepang di masa penjajahan. Film Sang Kiai yang dibintangi Ikranagara dan Adipati Dolken ini tayang di Netflix. 

Baca Juga: Ada Alpukat dan Apel, Rekomendasi 6 Buah untuk Awal MPASI Bayi 6 Bulan Pertama

Kartini

Kartini merupakan tokoh sejarah yang populer di Indonesia. Kisahnya sebagai wanita pemberani yang melawan patriarki ditampilkan dalam film Kartini di Netflix dan dibintangi Dian Sastro (Gadis Kretek). 

Ketika itu di awal tahun 1900 Masehi, hanya para ningrat yang boleh bersekolah dan mendapatkan pendidikan. Kartini berjuang untuk mewujudkan kesetaraan hak perempuan. 

Film Kartini

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta

Ada banyak film Indonesia terbaru di Netflix cocok ditonton saat merayakan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023. Salah satunya adalah Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta. 

Film Indonesia dibintangi Ario Bayu ini menceritakan Sultan Agung Mataram yang gagah dan berani melindungi rakyat dari VOC dan penjajah. Film ini juga menampilkan kisah cintanya di masa muda. 

Baca Juga: Sinopsis Drakor Vigilante Tayang Hari Ini di Disney+, Genre Laga Pertama Nam Joo Hyuk

Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film Indonesia berjudul Guru Bangsa Tjokroaminoto menceritakan masa di tahun 1912. Film itu menampilkan aktivis Omar Said Tjokroaminoto dari Jawa yang mendirikan Sarekat Islam. 

Film Indonesia ini menunjukkan perjuangan melawan ketidaadilan dari pemerintah Hindia Belanda. Rayakan Hari Pahlawan Nasional dengan menonton film Indonesia ini di Netflix.

Film Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman

Satu lagi film yang bisa ditonton di Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023 ini. Film Jenderal Soedirman yang dibintangi Adipati Dolken menunjukkan gerilya sang jenderal dalam berperang. 

Jenderal Soedirman meski dalam kondisi sakit tetap tidak menyerah memimpin pasukan melawan penjajah. Film tentang tokoh sejarah yang populer ini dapat memupuk rasa nasionalisme penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru