Resmi umumkan, berapa harga MacBook Pro terbaru?

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:00 WIB Sumber: Engadget,Engadget
Resmi umumkan, berapa harga MacBook Pro terbaru?


APPLE - Apple resmi umumkan MacBook Pro terbaru, berikut penampakan, spesifikasi dan harganya. Penampilannya punya "notch" di bagian mirip dengan iPhone hingga dilengkapi prosesor yang kencang, yakni M1 Pro dan M1 Max, berapa harganya?

Senin (18/10/2021), Apple resmi mengumumkan MacBook Pro versi terbaru. Berfokus ke seri Pro, kini Apple menghadirkan peningkatan yang cukup menarik dari segi penampilan hingga spesifikasi yang diusung.

Sebelum melihat spesifikasinya, salah satu yang menarik dari MacBook Pro yang terbaru ini adalah hadirnya "notch" atau poni di layar. Sepertinya desain seperti ini bakal menjadi ciri khas produk Apple di masa yang akan datang.

Tidak hanya iPhone saja yang memiliki notch, MacBook Pro pun kini telah menggunakan notch di layar yang berukuran 14 dan 15 inch.

MacBook Pro versi terbaru ini akan hadir dalam dua pilihan dengan spesifikasi yang berbeda. Yang pertama yakni MacBook M1 Pro, dengan ukuran layar 14 inch dan MacBook M1 Max dengan ukuran layar 16 inch. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tidak hanya terletak di ukuran layar saja, tetapi spesifikasi yang diusung masing-masing MacBook Pro tersebut juga berbeda.

Apple Silicon yang merupakan prosesor besutan Apple juga dikembangkan sedemikian rupa untuk menyokong dapur pacu MacBook M1 Pro dan Max ini. Berbeda dari seri M1 yang rilis tahun 2020 lalu, Apple menghadirkan peningkatan untuk prosesor yang digunakan di M1 Pro dan M1 Pro Max.

Untuk MacBook M1 Pro bakal menggunakan prosesor up-to-10-core CPU, dengan 8 high-performance cores dan 2 high-efficiency cores. Sementara MacBook M1 Pro dan Max menggunakan CPU serupa namun dengan GPU dengan performa yang lebih kencang.

Bilamana MacBook M1 Pro menggunakan 16-core GPU, M1 Max disokong 32-core GPU yang menghadirkan performa grafis yang lebih kencang.

Baca Juga: Simak panduan mengambil screenshot di Macbook, ini tombol kombinasinya

MacBook Pro 16-inch M1 Max

Mengutip dari situs resmi Apple, bila dibandingkan dengan MacBook Pro generasi sebelumnya dengan model 13 inch, M1 Pro dan M1 Max memiliki kecepatan render 3,6 lebih cepat dan 5 kali lebih cepat menggunakan aplikasi DaVinci Resolve Studio.

Tidak perlu diragukan lagu soal performa, apalagi untuk urusan profesional seperti desain grafis, edit video atau pekerjaan yang membutuhkan komputasi tinggi.

Memanjakan mata, kedua MacBook versi terbaru ini telah menggunakan layar dengan resolusi tinggi. Mengutip dari Engadget, untuk model 14 inch menggunakan layar dengan resolusi 3.024 x 1.964. Sementara itu, model 16 inch menggunakan layar dengan resolusi 3.456 x 2.234.

Dengan teknologi ProMotion, layar di kedua MacBook Pro versi terbaru ini juga mendukung fitur adaptive refresh rate hingga 120Hz. Teknologi ProMotion ini juga bakal aktif secara otomatis menyesuaikan refresh rate sesuai dengan konten yang tampil di layar pengguna untuk memaksimalkan penggunaan baterai.

Berbicara soal baterai, model 14 inch kabarnya dapat menjalankan video hingga 17 jam. Sementara model 16 inch dapat bertahan hingga 21 jam. 

Mendukung fast charging, keduanya dapat terisi 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Hobi video call? Kabar baiknya MacBook M1 Pro dan M1 Max ini juga dilengkapi kamera kualitas gambar yang baik. 1080p FaceTime HD camera ini di MacBook versi terbaru ini diklaim Apple sebagai yang terbaik di Mac notebook.

Hadir dengan resolusi dua kali lipat dan low-light performance. Memanfaatkan Neural Engine M1 Pro dan M1 Max, video yang dihasilkan bakal tampak lebih tajam dan terlihat lebih natural.

Tidak ketinggalan, MacBook M1 Pro dan M1 Max juga bakal mendukung macOS terbaru, yakni Monterey yang bakal rilis 25 Oktober mendatang. 

Kira-kira berapa dana yang dibutuhkan untuk menebus dua MacBook versi terbaru ini?

Harga MacBook M1 Pro dan M1 Max

MacBook M1 Pro kabarnya bakal dijual dengan harga mulai $1.999 dolar AS (sekitar Rp 28 jutaan) untuk spesifikasi 8 CPU cores, 14 graphical cores, 16 GB RAM dan 512 GB storage. Bila spek tersebut dirasa masih kurang, Apple juga menyediakan opsi dengan spesifikasi: 10-core CPU dan 16-core graphics, 1TB storage dengan harga $2.499 (sekitar Rp 35 jutaan).

Sementara itu untuk M1 Pro Max dijual dengan spesifikasi: 10 CPU cores, 32 graphical cores, 32 GB RAM dan 1TB storage dengan harga mulai $3.499 dolar AS (sekitar Rp 49 jutaan).

MacBook M1 Pro dan MacBook Pro M1 Max kabarnya bakal dijual di Apple Store mulai tanggal 26 Oktober mendatang. Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk membawa pulang salah satu MacBook versi terbaru ini?

Selanjutnya: Cara tautkan perangkat di WhatsApp web, bisa digunakan tanpa HP nyala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru