Tokoh

Ria Irawan berpulang, meninggalkan sederet prestasi dan cerita hidupnya

Senin, 06 Januari 2020 | 11:51 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Ria Irawan berpulang, meninggalkan sederet prestasi dan cerita hidupnya

ILUSTRASI. Ria Irawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ria Irawan meninggal dunia, Senin (6/1).  Ia harus menyerah melawan penyakit kanker kelenjar getah bening yang menggerogoti tubuhnya.

Sempat dinyatakan bebas kanker setelah menjalani kemoterapi panjang, Ria kembali harus melawan kanker kanker kelenjar getah bening. Menurut Ria, saat itu, kanker tersebut tumbuh di tempat yang berbeda dari sebelumnya.

Ria Irawan dikenal sebagai artis dengan segudang talenta. Puluhan film telah ia bintangi sedari usia 4 tahun. 

Baca Juga: Artis peran Ria Irawan tutup usia karena kanker

Tahun 1985, Ria Irawan bermain di film 'Bila Saatnya Tiba' dan mendapat nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik di Festival Film Indonesia. Piala Citra ia dapatkan lewat film 'Selamat Tinggal Jeanette' di tahun 1987 sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik tahun 1988. 

Tak hanya piawai berakting dengan torehan piala Citra sebagai artis terbaik, Ria Irawan juga punya kemampuan bernyanyi. Sempat membuat album keroyokan dengan Grup Japras, Ria juga sempat Ria membuat dua album dangdut bersama Rano Karno, serta album pop Setangkai Anggrek Bulan dan Di Antara Hatiku Hatimu.

Tak terhitung pula jumlah iklan yang Ria Irawan bintangi. Ria juga sempat menjadi sutradara. Ria misalnya pernah menjadi sutradara video klip lagu mendiang Nike Ardilla: Suara Hati

Nama Ria Irawan sempat menghebohkan publik pada akhir tahun 1993 saat karirnya tengah di puncak. Tahun itu,  Ria Irawan harus bolak-balik berurusan dengan polisi gara-gara Rivaldi Sukarno alias Aldi ditemukan tewas terkapar di rumahnya karena overdosis. 

Kasus itu  meledak karena disebut-sebut melibatkan keluarga kalangan terpandang. Ria Irawan sampai harus mengungsi ke Milan, Italia selama dua tahun. 

Editor: Herlina Kartika


Terbaru