Ribuan warga Baduy akan membanjiri Serang bulan depan

Sabtu, 31 Maret 2018 | 23:52 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Ribuan warga Baduy akan membanjiri Serang bulan depan

ILUSTRASI. Desa Terunik di Indonesia - Kampung Baduy


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebuah prosesi budaya akan terjadi 26-29 April di Kota Serang, Banten. Namanya Seba Baduy. Pada momen itu, ribuan warga Baduy akan membanjiri Kota Serang.

Sebagai penyambutan bagi warga Suku Baduy, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten telah menyiapkan Festival Exciting Banten on Seba Baduy. Acara ini akan digulirkan beberapa hari sebelum perayaan Seba Baduy 2018.

ā€œSerangkaian kegiatan akan kami siapkan untuk meramaikan perayaan Seba Baduy 2018. Antara lain pameran fesyen, ekonomi kreatif yang dalam hal ini kami berencana akan menampilkan kerajinan tenun dari Baduy,ā€ kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati dalam siaran pers, Sabtu (31/3).

Dinas Pariwisata Provinsi Banten sepertinya tidak main-main dalam menyambut ribuan warga Baduy. Beragam pertunjukan budaya akan ikut disuguhkan.

Ketua Pelaksana Calendar of Event 2018 Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengatakan, Seba Baduy merupakan salah satu destinasi wisata budaya favorit Provinsi Banten. "Keunikan masyarakat Baduy yang menjaga kuat tradisinya justru menjadi kekuatan sendiri yang bernilai jual wisata tinggi," imbuh Esthy.

Ribuan masyarakat Baduy Dalam dan Luar bakal turun gunung membanjiri Kota Serang pada Seba Baduy. Tujuannya mengantar hasil bumi hasil panen ke Gubernur Banten.

Prosesi tersebut merupakan upacara adat Seba digelar setelah Urang Kanekes melaksanakan Puasa Kawalu selama tiga bulan dan musim panen tiba. Selama tiga bulan itulah masyarakat luar dilarang memasuki wilayah Baduy Dalam, yakni Cibeo, Cikeusik, dan Cikartawana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Tag

Terbaru