Roger Federer jadi atlet dengan pendapatan terbesar tahun 2020 versi Forbes

Selasa, 02 Juni 2020 | 16:05 WIB Sumber: Forbes
Roger Federer jadi atlet dengan pendapatan terbesar tahun 2020 versi Forbes

ILUSTRASI. Petenis Roger Federer


ATLET/ARTIS TERKAYA - NEW YORK. Forbes kembali merilis daftar atlet berpendapatan tertinggi sepanjang 2020. Untuk tahun ini, petenis Roger Federer berhasil melangkahi mega bintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi setelah mencatatkan pendapatan tertinggi sebesar US$ 106,3 juta. 

Dilansir Forbes, pendapatan terbesar dari petenis asal Swiss ini berasal dari iklan, yang nilainya capai US$ 100 juta. Sedikitnya, Federer memiliki 13 kontrak iklan, antara lain berasal dari Nike, Credit Suisse, Barilla dan Rolex. 

"Federer berhasil kembali ke puncak, setelah Ronaldo dan Messi mengalami pemangkasan gaji," kata Forbes. 

Baca Juga: Michael Jordan raih US$ 1,3 miliar dari kerjasama dengan Nike

Ronaldo yang menjadi atlet dengan pendapatan terbesar pada 2019, harus lengser ke posisi kedua. Pada periode perhitungan Forbes, Ronaldo tercatat mendapatkan US$ 105 juta. 

Tak seperti Federer, mayoritas pendapatan mega bintang Juventus ini berasal dari gajinya yang capai US$ 60 juta. Pendapatan iklan Ronaldo pun tidak mencapai setengah dari milik Federer, karena hanya US$ 45 juta.

Pada posisi berikutnya diisi oleh Messi yang pendapatannya sebesar US$ 104 juta. Barcelona menjadi penyumbang utama bagi pendapatan Messi, setelah mergoh kocek hingga  US$ 72 juta untuk gaji pemain berjuluk La Pulga ini. 

Bintang sepak bola lainnya mengisi posisi keempat. Kali ini, bintang PSG, Neymar, yang kembali mempertahankan posisinya di lima besar setelah pendapatannya di 2020 mencapai Rp 95,5 juta. 

Lagi-lagi, gaji fantastis Neymar yang mencapai US$ 70,5 juta menjadi penopang utama pemain asal Brasil ini berada di peringkat ini. Sementara pendapatan iklan Neymar hanya US$ 25 juta.

Baca Juga: Punya kekayaan £ 224 juta, Lewis Hamilton kembali jadi olahragawan terkaya di Inggris

Sementara itu, bintang basket NBA, LeBron James, menjadi pemain basket dengan peringkat tertinggi di daftar atlet dengan pendapatan terbesar di 2020. Tahun ini, James berhasil mendapatkan US$ 88,2 juta. 

Mayoritas berasal dari pendapatan iklan yang capai US$ 60 juta. Sementara, gaji James di LA Lakers hanya US$ 28,2 juta.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru