Rogoh kocek hingga Rp 50 jutaan untuk restorasi Yamaha RX-King

Sabtu, 29 Februari 2020 | 21:33 WIB Sumber: Kompas.com
Rogoh kocek hingga Rp 50 jutaan untuk restorasi Yamaha RX-King

ILUSTRASI. Yamaha RX-King


OTOMOTIF - JAKARTA. Beberapa tahun lalu, banyak yang memodifikasi Yamaha RX-King dengan berbagai gaya. Ada yang menggunakan botol larutan sebagai tempat oli samping, sampai memasang knalpot kolong, dan lainnya.

Belakangan ini, trennya mulai bergeser. Dengan tingginya harga RX-King yang kondisinya standar atau orisinil, banyak yang mulai membuat RX-King kembali ke kondisi seperti baru lagi.

Baca Juga: Lima motor lawas termasuk RX-King yang punya harga selangit, berikut daftarnya

Rizki Arif, dari Antik Motor Kediri, mengatakan, untuk RX-King tahun muda, kisaran biaya untuk restorasinya bisa bervariasi. Tergantung dari suku cadang yang ingin digunakan, mau yang orisinil atau replika.

"Kalau untuk restorasi, sebenarnya belum bisa dipastikan harganya. Sebab, harga suku cadang sulit ditebak. Mungkin sekitar Rp 20 jutaan," ujar Rizki, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Imam Rifa'i, yang membuka toko online Thumank_part dan banyak menjual suku cadang RX-King, mengatakan, biaya restorasi bisa tergantung dari tahun produksinya atau kondisinya, dan mau restorasi seperti apa.

"Misalkan ada motor, STNK, BPKB, crankcase kiri atau nomor mesin, kalau ingin restorasi 90 persen dengan suku cadang baru, bisa kisaran Rp 45 jutaan sampai Rp 50 jutaan," kata Imam.

Baca Juga: Yamaha Hentikan Produksi Yamaha RX King

Meskipun motor sport 2-tak ini sudah mati alias tidak diproduksi maupun dipasarkan lagi, namun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus memproduksi suku cadangnya. Bahkan, setelah 11 tahun didiskontinu, komponen RX-King masih tersedia di pasaran. (Donny Dwisatryo Priyantoro)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biaya Restorasi Yamaha RX-King Bisa Tembus Rp 50 Jutaan",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru