Sah, Liga Premier Inggris ditunda hingga 3 April

Jumat, 13 Maret 2020 | 19:06 WIB Sumber: BBC
Sah, Liga Premier Inggris ditunda hingga 3 April

ILUSTRASI. Ilustrasi Liga Inggris ditanguhkan


LIGA PRIMER INGGRIS - LONDON. Semua kompetisi sepak bola di daratan Inggris, termasuk Liga Premier Inggris, setidaknya akan ditangguhkan hingga 3 April mendatang akibat dari penyebaran virus corona. 

Mengutip BBC, bahwa selain Liga Premier Inggris, Piala EFL (Carabao Cup), Liga Super Wanita FA juga menjalani masa penangguhan. 

Walau disebutkan penangguhan berjalan hingga 3 April mendatang, pihak Premier League akan menindaklanjuti keadaan dengan bergantung pada saran serta kondisi medis saat itu.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) juga mengungkapkan, pertandingan Inggris melawan Italia yang sejatinya dilaksanakan pada 27 Maret dan Denmark empat hari kemudian, batal.

Baca Juga: Kini giliran Liga Prancis yang ditangguhkan karena virus corona

Untuk penyelenggaraan Piala EFL, diharapkan dapat dilakukan pada tanggal 3 April. Untuk itu, klub-klub yang bertarung di EFL disarankan untuk menangguhkan "kegiatan tidak penting" seperti "penampilan pemain, kunjungan lapangan pelatihan dan pertemuan penggemar".

Penangguhan ini terjadi pada hari penundaan olahraga yang meluas di seluruh dunia.

Langkah ini diambil setelah manajer Arsenal Mikel Arteta telah dinyatakan positif mengidap virus corona pada Jumat (13/3) pagi. Selanjutnya, striker Chelsea Callum Hudson-Odoi juga mengungkapkan bahwa dirinya positif virus corona di hari yang sama. 

Sementara itu, klub asal kota Liverpool, Everton, mengatakan bahwa seorang pemain di tim utama telah menunjukkan gejala mengidap virus corona.

Awal pekan ini, beberapa klub - termasuk Arsenal, Chelsea, Leicester City, Bournemouth, Manchester City, Juventus dan Real Madrid - mengungkapkan bahwa mereka melakukan isolasi diri terhadap semua pemain dan stafnya. 

Kepala eksekutif Liga Premier Richard Masters mengatakan, "dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, kami bekerja sama dengan klub, pemerintah, FA dan EFL kami dan dapat meyakinkan semua orang kesehatan dan kesejahteraan pemain, staf dan pendukung adalah prioritas kami."

Baca Juga: Sah, UEFA tunda semua pertandingan Liga Champions dan Liga Eropa pekan depan

Lebih lanjut, Liga Premier bilang, "tujuannya adalah untuk menjadwal ulang jadwal pertandingan yang dipindahkan".

Asal tahu saja, total jumlah terinfeksi virus corona di Inggris kini mencapai 596 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 10 orang. 

Pada hari Kamis, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan menangguhkan acara publik besar seperti perlengkapan olahraga sedang dipertimbangkan oleh pemerintah tetapi akan menjadi langkah utama untuk melindungi layanan publik, daripada menunda penyebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru