Saingi Barcelona, Evergreen Group bangun stadion sepak bola terbesar di dunia

Rabu, 22 April 2020 | 16:04 WIB Sumber: Reuters
Saingi Barcelona, Evergreen Group bangun stadion sepak bola terbesar di dunia

ILUSTRASI. Stadion Camp Nou milik Barcelona yang kini menjadi stadion sepak bola dengan kapasita terbesar di dunia


KONTAN.CO.ID - GUANGZHOU. Evergrande Group akhirnya memulai rencana pembangunan stadion sepak bola terbesar di dunia. Perusahaan real estat asal China ini memang berniat membangun stadion dengan kapasitas 100.000 kursi di sebelah selatan kota Guangzhou.

Pembangunan Stadion Sepak Bola Evergrande Guangzhou, juga dijuluki "Stadion Bunga Lotus" untuk desainnya, dimulai pada 16 April dan akan menelan biaya sekitar 12 miliar yuan setara US$ 1,69 miliar. 

Stadion ini juga akan menjadi rumah bagi klub Liga Super China Guangzhou Evergrande. Dan direncanakan bakal melampaui Camp Nou yang merupakan kandang klub Barcelona sebagai stadion sepak bola terbesar yang dibangun berdasarkan kapasitas.

Untuk saat ini, Rungrado 1st of May Stadium yang merupakan stadion multi fungsi di Korea Utara akan tetap menjadi stadion olahraga terbesar di dunia. Stadion tersebut memiliki kapasitas sekitar 114.000 kursi.

Baca Juga: Dukung tenaga kesehatan melawan wabah corona, stadion Setan Merah berwarna biru

Evergrande Group menjelaskan, desain lotus dipilih karena merupakan bunga tradisional asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Selain itu, ini juga merupakan konsep yang dibuat oleh desainer yang berbasis di Shanghai, Hasan A. Syed.

Stadion ini juga akan mencakup hiburan, komersial, dan ruang makan. Stadion ini juga ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022 mendatang.

Perusahaan juga menjelaskan, pembangunan stadion sepak bola memang menjadi kebutuhan mendesak lantaran China tidak memiliki stadion sepak bola profesional yang dibangun dengan tujuan khusus dan berharap fasilitas itu akan membantu meningkatkan sepak bola Tiongkok.

Kini China berada di peringkat 76 dunia FIFA.

Evergrande Group juga berniat untuk membangun dua stadion lagi dengan sekitar 80.000 kursi masing-masing di China, menambahkan bahwa desain untuk fasilitas tersebut saat ini sedang ditinjau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru