Segera hapus! 8 Aplikasi Cryptocurrency mining palsu ini beredar di HP Android

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 07:52 WIB   Penulis: Arif Budianto
Segera hapus! 8 Aplikasi Cryptocurrency mining palsu ini beredar di HP Android


APLIKASI ANDROID - Segera hapus! beberapa aplikasi cryptocurrency mining palsu ini beredar di HP Android. Diduga berbahaya, setidaknya ditemukan 8 aplikasi cryptocurrency mining palsu yang telah tersebar di HP Android, kabarnya juga diselipkan malware.

Seperti yang kita ketahui, cryptocurrency (mata uang kripto) memang sedang menjadi primadona belakangan ini. Tidak heran, beberapa orang mungkin akan tergiur ketika menemukan aplikasi yang berkaitan dengan cryptocurrency.

Namun demikian, sebagai pengguna smartphone yang cerdas, Anda juga harus berhati-hati ketika ingin memasang aplikasi yang berkaitan dengan cryptocurrency. Maunya untung, malah buntung, inilah yang mungkin bisa menggambarkan beberapa pengguna Android yang tertipu aplikasi cryptocurrency mining palsu.

Trend Micro, sebuah perusahaan yang berfokus di bidang keamanan perangkat lunak (software), belum lama ini menemukan beberapa aplikasi cryptocurrency mining palsu. Trend Micro menemukan, setidaknya ada 8 aplikasi cryptocurrency mining di Android yang telah tersebar.

Mirisnya lagi, beberapa aplikasi tersebut bahkan telah didownload dan diinstall oleh ratusan ribu pengguna Android di seluruh dunia. Mengecoh para penggunanya, beberapa aplikasi tersebut justru menyuruh penggunanya menonton iklan.

Tidak hanya itu saja, beberapa aplikasi lainnya mengharuskan penggunanya untuk berlangganan supaya bisa mendapatkan performa mining yang meningkat. Tetapi apa yang didapatkan? Zonk, pengguna tidak mendapatkan benefit apa pun meskipun telah berlangganan.

Supaya jumlah korban tidak bertambah, Trend Micro pun telah melaporkan beberapa aplikasi tersebut ke pihak Google. Meskipun beberapa aplikasi tersebut telah dihapus dari Google Play Store, tidak menutup kemungkinan masih terpasang di HP penggunanya.

ilustrasi uang kripto

Baca Juga: 4 Mata uang kripto ini bisa menggeser posisi Bitcoin, apa saja?

Berikut 8 aplikasi yang cryptocurrency mining palsu yang harus Anda hapus dari HP Android:

8 Aplikasi cryptocurrency mining palsu di HP Android

  1. BitFunds - Crypto Cloud Mining
  2. Bitcoin Miner - Cloud Mining
  3. Bitcoin (BTC) - Pool Mining Cloud Wallet
  4. Daily Bitcoin Rewards - Cloud Based Mining System
  5. Bitcoin 2021
  6. MineBit Pro - Crypto Cloud & btc miner
  7. Ethereum (ETH) - Pool Mining Cloud
  8. Crypto Holic - Bitcoin Cloud Mining

Sebenarnya tidak hanya 8 aplikasi cryptocurrency mining palsu yang bertebaran secara online. Berdasarkan data Trend Micro Mobile App Reputation Service (MARS), terdapat lebih dari 120 aplikasi yang tersedia secara online.

Aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya tidak memiliiki kemampuan menambang uang kripto dan menipu pengguna agar menonton iklan di dalam aplikasi.

Untuk menghindari aplikasi penipuan yang serupa, pastikan Anda membaca deskripsi dan komentar pengguna di Google Play Store.

Selanjutnya: 5 Game Android terbaru bulan Agustus 2021 yang bisa dimainkan akhir pekan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru