Sejarah penemuan kopi hingga jadi minuman favorit banyak orang

Jumat, 02 Oktober 2020 | 09:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Sejarah penemuan kopi hingga jadi minuman favorit banyak orang


EDUKASI -  Masyarakat dunia sebagian besar memulai hari dengan secangkir kopi. Minuman ini sudah menjadi salah satu minuman favorit masyarakat. 

Ada banyak gerai kopi yang menyediakan beragam jenis kopi. Kopi-kopi tersebut ada yang asli dari Indonesia maupun bukan.

Anda bisa membelinya dalam bentuk kopi instan atau biji. Jika membeli dalam bentuk biji, Anda perlu menggilingnya sebelum menyeduh kopi. 

Ada sejarah panjang dibalik nikmatnya kopi. Kopi sendiri sudah dikonsumsi jauh sebelum tersebar sebanyak sekarang. 

Asal-usul kopi

Sejarah kopi sendiri masih terbilang samar. Belum ada catatan tertulis yang menceritakan secara detail penemuan minuman ini. 

Tanaman kopi dipercaya ditemukan pertama kali di Afrika. Melansir Encyclopedia Britannica, daerah Kefa (Kaffa), Etiopia merupakan tempat pertama kali tanaman kopi ditemukan. 

sejarah kopi

Seorang penggembala kambing secara tidak sengaja menemukan keanehan pada kambingnya. Keanehan ini terlihat setelah hewan gembalanya memakan tanaman tertentu. 

Kambing-kambing yang memakan tanaman tersebut menjadi berenergi. Mereka juga tidak bisa tidur saat malam hari. 

Seiring berjalannya waktu, kopi mulai tersebar hingga ke Semenanjung Arab. 

Budidaya dan jual-beli kopi di mulai di Semenanjung Arab. Mengutip National Coffee Association (NCA) USA, di abad ke 16, kopi mulai dikenal di Persia, Mesir, Siria, dan Turki. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru