Wisata

Selera makan tergelitik kupat tahu nan gurih di Mungkid

Kamis, 28 November 2019 | 17:08 WIB   Reporter: Ragil Nugroho
Selera makan tergelitik kupat tahu nan gurih di Mungkid

ILUSTRASI. Kedai Tahu kupat Pelopor di Blabak, Magelang KONTAN/Muradi

KONTAN.CO.ID - MAGELANG. Rasanya, orang Indonesia tidak ada yang asing dengan menu tahu kupat. Maklum, makanan yang dominan rasa manis dan gurihnya ini banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Kota Magelang pun tak ketinggalan memiliki tahu kupatnya sendiri. Menu ini lazimnya pas bagi Anda yang tak ingin makanan terlalu berat namun cukup mengenyangkan.

Untuk mengetahui bagaimana rasanya, KONTAN pun memacu kendaraan menuju Jalan Nasional No 14, Glubak, Mungkid untuk mendatangi Tahu Kupat Pelopor. Jarak kedai ini sekitar 11 km dari Candi Borobudur.

Sesampainya di sana, menu Tahu Kupat sudah menanti. Tahu putih yang gurih lembut disandingkan dengan tauge dan saus yang manis-manis gurih. Pastinya hadir potongan ketupat dan kucuran kecap manis jadi pelengkap yang mantap.

Baca Juga: Seperti ini lho pedasnya olahan ikan khas Kali Progo

Adapun ciri khas menu ini adalah tahu dan bumbu ketupat diracik langsung di atas piring saat pesanan datang. Rasa gurih, manis dan pedas pun bersatu dengan penuh harmoni.

Menurut Tatik Sudarti, pemilik Pelopor, tahu kupat ini terdiri dari kupat atau ketupat, tahu putih goreng plus topping tauge dan timun. Lalu disajikan dengan saus kacang yang encer dengan bumbu bawang putih yang tajam dan kuat serta gerusan cabai rawit segar.

Kecap yang digunakan juga dilengkapi dengan bumbu rempah-rempah, seperti kemiri, ketumbar dan daun sereh. Wanginya pun khas, ujar Tatik.

Ia menuturkan, Tahu Kupat Pelopor ini sudah ada di Magelang sejak tahun 1965. Kedai tahu kupat ini adalah usaha turun temurun dari orang tuanya. Meski saat ini banyak gerai yang menawarkan kupat tahu, Tatik mengaku tempatnya selalu dibanjiri pelanggan.

Baca Juga: Cerita bisnis tape di Dusun Jasem, dijalani turun temurun sejak 1982

Untuk hari biasa, minimal 200 porsi ludes terjual di Tahu Kupat Pelopor. Sedangkan kalau Sabtu-Minggu, bisa mencapai 400 porsi. Harganya pun cukup ramah di kantong, yaitu Rp 11.000 tanpa telur dan Rp 14.000 dengan telur.

Saking terkenalnya tempat ini, tak heran Grup Band kenamaan Tanah Air Slank acap kali mampir ke tempat ini. Ada juga Ruben Onsu dan Dian Sastro.

Tahu Kupat Pelopor buka dari pukul 11.00 hingga 21.00. Menu ini cocok disantap tiap waktu, baik siang, sore mau pun malam hari.


Editor: Thomas Hadiwinata
Tag


Terbaru