Serba-serbi jurusan ilmu hukum, lulusan dengan banyak posisi di lowongan kerja

Sabtu, 18 Juli 2020 | 12:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Serba-serbi jurusan ilmu hukum, lulusan dengan banyak posisi di lowongan kerja


MENCARI KERJA - JAKARTA. Di setiap lowongan kerja, di posisi tertentu pasti mensyaratkan kandidat minimal lulusan S1 jurusan ilmu hukum, atau biasa ditulis jurusan hukum. Di beberapa universitas, fakultas ilmu hukum menjadi salah satu jurusan terfavorit, bersama dengan jurusan kedokteran dan akuntansi.

Masyarakat pada umumnya banyak mengira lulusan dari jurusan ilmu hukum pasti akan berkarier menjadi pengacara, hakim, atau notaris. Kenyataannya, banyak jenis profesi yang bisa dilakoni oleh alumni jurusan ilmu hukum.

Saat masih kuliah, mahasiswa jurusan ilmu hukum akan belajar tentang berbagai cabang ilmu hukum yang ada di Indonesia dan dunia. Mata kuliah, seperti Pancasila, ilmu negara, hukum internasional, hukum pidana, dan hukum dagang, adalah sedikit dari banyak mata kuliah jurusan hukum yang mereka pelajari.

Masing-masing mata kuliah tersebut kelak akan mahasiswa jurusan ilmu hukum gunakan dalam dunia profesional, sesuai dengan profesi yang mereka pilih.

Baca Juga: Minat jadi Kepala Sekolah atau Pengawas? Dibuka program guru penggerak ini syaratnya

Dari lulusan jurusan ilmu hukum, harapannya mereka mampu mengaplikasikan ilmunya ke berbagai aspek, baik di masyarakat maupun dunia kerja. Alumni jurusan ilmu hukum juga bisa menjadi masyarakat yang dapat berpikir kritis, open-minded, dan komunikatif. 

Melansir Quipper Campus, lowongan kerja untuk lulusan jurusan ilmu hukum sangat beragam. Mereka bisa bekerja di perusahaan, instansi pemerintahan, menjadi dosen atau bekerja secara independen.

Lowongan kerja untuk jurusan ini di perusahaan biasanya berkaitan dengan perundang-undangan. Lulusan jurusan ilmu hukum bisa berkarier di divisi personalia (HRD) atau bagian legal. 

Dua bidang ini membutuhkan pengetahuan tentang peraturan dan dasar-dasar perundang-undangan tenaga kerja, perdagangan, dan berbagai undang-undang yang berkaitan lainnya. Karier lain yang bisa alumni jurusan ilmu hukum pilih meliputi diplomat, politisi, hingga petugas imigrasi. 

Baca Juga: Ingin dapat pekerjaan impian? Ini 7 tips menghadapi wawancara kerja yang efektif

Untuk menjadi dosen, lulusan jurusan ilmu hukum harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu dan mendapatkan gelar master, sebelum bisa mengabdikan diri di bidang pendidikan.

Karena banyaknya lowongan kerja untuk jurusan ini, maka tidak heran jika setiap tahun fakultas hukum selalu penuh dengan peserta ujian yang ingin berkuliah di sini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru