Serie A Italia ditangguhkan, pemotongan gaji pemain di depan mata

Kamis, 19 Maret 2020 | 06:37 WIB Sumber: Reuters
Serie A Italia ditangguhkan, pemotongan gaji pemain di depan mata

ILUSTRASI. Ilustrasi pertandingan Liga Serie A Italia


DAMPAK VIRUS CORONA - ROMA. Setelah melakukan penangguhan pertandingan di Liga Italia akibat pandemi virus corona, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menganjurkan adanya pemangkasan pada gaji pemain. 

"Pemotongan gaji untuk pemain sepak bola tidak boleh dikesampingkan karena olahraga mengatasi dampak penghentian yang disebabkan oleh pandemi virus corona," kata Ketua FIGC Gabriele Gravina kepada Radio 24, Rabu (18/3) waktu setempat.

Italia memang telah muncul sebagai negara yang paling terpukul di luar China akibat virus corona. Hingga Kamis (19/3), terdapat lebih dari 35.700 kasus virus corona dan hampir 3.000 kematian.

Baca Juga: Penangguhan gelaran Liga Italia mungkin bisa berlanjut sampai bulan Mei atau Juni

Liga Serie A Italia adalah yang pertama dari lima liga besar Eropa yang ditangguhkan dan penghentiannya diperkirakan berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Hal ini juga membuat kerusakan signifikan pada pendapatan klub-klub di Negeri Pizza tersebut.

"Tidak mungkin tabu untuk membicarakan pemotongan gaji," lanjut Gravina.

"Kita harus memahami bahwa keadaan darurat berlaku untuk semua orang dan dunia kita juga harus memiliki kemampuan untuk berubah. Kita telah dipanggil untuk membuat gerakan dengan tanggung jawab besar."

Sebagai balasan, kepala Asosiasi Pesepak Bola Italia Damiano Tommasi mengatakan, "keberlanjutan sistem sepakbola selama dan setelah krisis global ini jelas sangat menarik bagi semua orang yang hidup dalam sistem ini, termasuk para pesepakbola".

Baca Juga: Juventus umumkan Blaise Matuidi jadi pemain kedua yang positif virus corona

"Kami semua memiliki kepentingan dalam menjaga keseimbangan ekonomi dan untuk alasan inilah kami harus mengevaluasi semua elemen saat ini," katanya kepada kantor berita ANSA.

"Kurangnya pendapatan, penundaan kompetisi, pembatalan acara, kontribusi pemerintah, bantuan federal, dukungan dari lembaga internasional. Semua elemen ini akan mempengaruhi para pemain," pungkas Tommasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru