Sering Dijadikan Takjil Buka Puasa, Kenali 6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Selasa, 19 April 2022 | 12:28 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Sering Dijadikan Takjil Buka Puasa, Kenali 6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat alpukat untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Buah alpukat dikenal mempunyai lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, alpukat juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan lainnya. 

Saat bulan puasa, alpukat kerap dijadikan salah satu buah untuk takjil buka puasa. Sebab, alpukat memiliki rasa manis yang lezat selain memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Mengonsumsi alpukat saat buka puasa juga bisa memberikan energi setelah berpuasa seharian. 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan, di antaranya: 

Menjaga sistem pencernaan 

Mengonsumsi alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Soalnya, alpukat termasuk buah yang mengandung banyak serat. Selain itu, mengonsumsi alpukat juga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus. 

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Bakwan Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Untuk Buka Puasa

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat alpukat selanjutya adalah menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, alpukat memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sehingga, aliran darah menjadi lancar dan memperkecil risiko penyakit jantung. 

Menjaga kesehatan mata 

Mengkonsumsi alpukat secara rutin juga baik untuk kesehatan mata. Sebab, alpukat memiliki antioksidan yang mampu mencegah kerusakan mata akibat sinar UV. 

Selain itu, alpukat juga mempunyai manfaat yang dapat mencegah penyakit degenerasi makula atau gangguan penglihatan yang kerap dialami orang tua. 

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Menurunkan risiko depresi 

Mengonsumsi alpukat juga bisa menurunkan risiko depresi. Kandungan folat dalam alpukat mampu melancarkan distribusi nutrisi ke otak. Tak hanya itu, mengonsumsi alpukat secara rutin juga bermanfaat untuk memperbaiki mood atau perasaan. 

Menjaga kesehatan tulang

Alpukat mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Nutrisi tersebut sangat berguna untuk kesehatan tulang, juga bisa mempercepat penyerapan kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat dan terhindar dari osteoporosis. 

Baca Juga: 4 Alasan Tidur Tidak Nyenyak Saat Malam Hari, Ini Penyebabnya

Baik untuk ibu hamil 

Alpukat merupakan salah satu buah yang cocok dijadikan camilan untuk ibu hamil. Pasalnya, alpukat mengandung folat yang baik untuk kesehatan sang ibu dan pertumbuhan janin yang dikandung. 

Selain itu, kandungan folat dalam alpukat juga bermanfaat untuk menurunkan risiko keguguran dan cacat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru