Edukasi

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata

Selasa, 11 Agustus 2020 | 11:47 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Serupa tapi tak sama, ini perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata

ILUSTRASI. Serupa tapi tak sama, ini perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata

KONTAN.CO.ID -  Dalam kingdom animalia terdapat dua kelompok besar hewan. Kelompok tersebut adalah hewan vertebrata dan invertebrata. Meskipun sama-sama hewan, ada beberapa perbedaan vertebrata dan invertebrata. 

Dua kelompok binatang ini ada yang umum ditemukan di lingkungan sekitar. Ada juga yang jarang bahkan hampir punah. Perbedaan dua kelompok hewan tersebut terlihat dari bentuk tubuh hingga organ dalam. 

Baca Juga: Yuk cari tahu lebih banyak tentang ninja, mata-mata Jepang yang juga petarung handal 

Untuk lebih jelasnya, KONTAN.co.id merangkum perbedaan 2 jenis hewan ini dari Byju's dan Microbe Notes. Berikut perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata.

  • Hewan Vertebrata

Hewan yang masuk dalam klasifikasi vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan-hewan tersebut memiliki struktur tulang yang terbentuk sempurna dan terdapat di dalam tubuh. 

Organ tubuh yang dimiliki hewan vertebrata lebih lengkap. Mereka memiliki banyak organ dengan berbagai fungsi untuk menyokong kehidupan. 

Organ pernapasan vertebrata lebih kompleks dan sempurna. Ada dua jenis organ yang biasa ditemui di vertebrata; insang dan paru-paru.

Peredaran darah pada tubuh vertebrata masuk dalam peredaran darah tertutup. Darah akan mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Regenerasi sel pada vertebrata tidak sebaik invertebrata. 

Untuk berkembang biak, vertebrata melakukan reproduksi aktif dimana ada pembuahan sel telur dengan sperma. Ukuran tubuh vertebrata biasanya lebih besar dan dapat bergerak lebih cepat.

Vertebrata kemudian dikelompokkan menjadi beberapa spesies. Diantaranya; reptil, mamalia, aves (burung), amfibi, dan ikan.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru