Edukasi

5 ide dongeng sebelum tidur untuk anak, dari cerita rakyat hingga Barat

Senin, 10 Agustus 2020 | 16:17 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
5 ide dongeng sebelum tidur untuk anak, dari cerita rakyat hingga Barat

ILUSTRASI. 5 Ide dongeng anak sebelum tidur, dari cerita rakyat hingga Barat.

KONTAN.CO.ID -  Mendongeng sebelum tidur menjadi salah satu media pembelajaran kepada anak. Ada banyak dongeng sebelum tidur yang bisa Anda kisahkan untuk buah hati. 

Dongeng tersebut bisa membantu anak terlelap, juga mengajarkan tentang hal positif. Beragam dongeng anak sebelum tidur mengandung nilai moral yang baik untuk buah hati. 

Anda bisa memilih dongeng dari cerita rakyat atau dongeng Barat. Sebagai referensi, berikut ide dongeng sebelum tidur untuk buah hati Anda:  

Baca Juga: Masih belum berpengalaman, ini 5 tips parenting yang penting orangtua ketahui

Dongeng Timun Mas dan Buto Ijo

Timun Mas dan Buto Ijo menjadi dongeng sebelum tidur yang pertama. Dikisahkan seorang janda berdoa meminta keturunan. Mbok Sarni, si janda tersebut, terus berdoa tiap malam. 

Suatu hari mbok Sarni bertemu dengan Buto Ijo. Buto Ijo tersebut meminta anak untuk dimakan. Karena tidak memiliki anak, Buto Ijo memberikan mbok Sarni biji timun. 

Biji tersebut akan memberikan anak kepada si janda. Tetapi, Buto Ijo memberi syarat kepada mbok Sarni. Jika anak tersebut sudah berumur 6 tahun, harus diserahkan kepadanya.

Singkat cerita Timun Mas, anak mbok Sarni sudah berumur 6 tahun. Tiba saatnya Timun Mas harus diserahkan pada Buto Ijo. 

Baca Juga: Kiat sekolah jarak jauh berjalan efektif di rumah saat wabah virus corona

Mbok Sarni meminta Timun Mas untuk kabur dengan membawa bekal. Bekal tersebut berupa biji timun, jarum, garam, dan terasi. Bekal tersebut digunakan untuk menghalau Buto Ijo.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru