Sport

Setelah 16 Tahun, Asosiasi Tenis Alumni UI Juarai Turnamen Tenis Perti 2024

Minggu, 15 September 2024 | 19:01 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Setelah 16 Tahun, Asosiasi Tenis Alumni UI Juarai Turnamen Tenis Perti 2024

Turnamen Tenis Antar Alumni Perguruan Tinggi (Perti) 2024 diikuti 16 perguruan tinggi berlangsung 7-8 September 2024 di Lapangan Tenis UNY dan Lapangan Tenis Sinduadi, Yogyakarta.


 OLAHRAGA -  JAKARTA. Setelah menanti selama 16 tahun, Asosiasi Tenis Alumni Universitas Indonesia (ASTA UI) berhasil mencatatkan sejarah dengan menjuarai Turnamen Tenis Antar Alumni Perguruan Tinggi (Perti) 2024. 

Turnamen tersebut diikuti oleh 16 perguruan tinggi ternama di Indonesia dan berlangsung pada 7-8 September 2024 di Lapangan Tenis UNY dan Lapangan Tenis Sinduadi, Yogyakarta.

Prestasi ASTA UI semakin istimewa karena dalam perjalanan menuju final, mereka berhasil mengalahkan juara bertahan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), di babak semifinal. Pada partai final, ASTA UI juga mengalahkan Universitas Diponegoro (UNDIP), yang pernah meraih juara enam kali dari 14 kali perhelatan, dengan skor 3-1.

Baca Juga: BSI Optimalkan Seluruh Layanan, Dukung Kelancaran Transaksi Finansial PON XXI 2024

Ini menjadi kemenangan pertama UI dalam 14 edisi turnamen PERTI, yang pertama kali diadakan pada 5 April 2008 oleh lima ikatan alumni universitas terkemuka di Indonesia. ASTA UI terakhir kali mendekati gelar juara 16 tahun yang lalu, namun baru kali ini mereka berhasil menjuarai turnamen yang sempat beberapa kali vakum.

Dalam perjalanan turnamen, ASTA UI tampil solid sejak babak penyisihan. Mereka berhasil mengalahkan Institut Teknologi Surabaya, Universitas Brawijaya, dan Universitas Jambi dengan skor telak masing-masing 4-1, 4-1, dan 5-0. Kemenangan tersebut membawa ASTA UI sebagai juara grup dan lolos ke babak perempat final, di mana mereka menang 3-0 atas Institut Teknologi Bandung.

Di babak semifinal, ASTA UI kembali menunjukkan dominasinya dengan mengalahkan UNY, sang juara bertahan, dengan skor 3-1. Puncaknya, ASTA UI menundukkan UNDIP, tim yang dikenal memiliki pemain-pemain berkualitas tinggi, pada partai final dengan skor 3-1.

Baca Juga: Menperin: Kompetisi Olahraga Optimalkan Penggunaan Produk Lokal

Ketua ILUNI UI, Didit Ratam, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian tim ASTA UI. "Selamat atas prestasi yang diraih Tim Tenis Asosiasi Tenis Alumni UI sebagai juara turnamen tenis antar alumni perguruan tinggi se-Indonesia 2024 di Yogyakarta. Semoga tetap semangat untuk mengukir prestasi dan menginspirasi alumni serta almamater UI," ujarnya dalam keterangannya, seperti dikutip, Minggu (15/9)

Nicolas D. Kanter, pembina sekaligus pemain ASTA UI, juga mengungkapkan rasa syukurnya. "Karunia Tuhan serta kerja keras dan komitmen seluruh pihak yang terlibat, mulai dari pengurus, pemain, suporter, hingga sponsor, telah membawa kita pada kesuksesan ini. Semoga kekompakan dan kebersamaan ini terus terjaga," ujarnya.

Baca Juga: Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024 Sementara: China Masih Kokoh di Puncak Klasemen

Ucapan selamat juga datang dari Wakil Rektor Universitas Indonesia, Dedy Priadi. "Selamat atas prestasi ASTA UI sebagai juara Turnamen Tenis PERTI 2024. Semoga kemenangan ini memotivasi seluruh civitas akademika untuk selalu memberikan yang terbaik," tutupnya.

Selanjutnya: Evaluasi 10 Tahun Program Jokowi Bidang Pendidikan, Kualitas SDM Masih Menjadi PR

Menarik Dibaca: Hindari, 7 Warna Kabinet Dapur ini Bakal Usang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru