Shin Tae-Yong Memompa Semangat Pemain Indonesia menghadapi FInal Piala AFF

Selasa, 28 Desember 2021 | 15:17 WIB Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters
Shin Tae-Yong Memompa Semangat Pemain Indonesia menghadapi FInal Piala AFF

ILUSTRASI. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pada pertandingan? AFF Suzuki Cup di Stadion Nasional?Singapura.


OLAHRAGA - JAKARTA. Memiliki keinginan untuk memenangkan Piala Suzuki tidak akan cukup untuk mengakhiri kekeringan Indonesia di kejuaraan Asia Tenggara, kata pelatih Shin Tae-yong, sambil mendesak timnya untuk bermain dengan potensi mereka di final melawan juara lima kali Thailand.

Kedua belah pihak bertemu pada Rabu (29/12) dalam pertandingan pembukaan final dua leg di Singapura, di mana kompetisi regional dimainkan dalam "gelembung" biosecure karena pandemi. Leg kedua akan dimainkan pada hari Sabtu.

Indonesia belum pernah memenangkan turnamen sejak dimulainya pada tahun 1996 dan Shin mengatakan mereka tidak akan menjadi juara hanya karena mereka ingin. "Saya ingin menjadi juara kali ini tetapi mengangkat trofi tidak terjadi begitu saja karena ingin mengangkat trofi," kata Shin.

"Menjadi juara adalah sesuatu yang datang kepada Anda ketika Anda melakukan yang terbaik di setiap pertandingan yang Anda mainkan," kata Shin.

"Sebagai pelatih kepala saya menjadi juara lebih dari 20 kali dan, dari pengalaman menjadi juara berkali-kali, saya akan menggunakan strategi yang sama dan menanamkan mentalitas yang sama kepada para pemain dan mencoba menjadi juara kali ini," jelas Shin.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand

Rekor kesuksesan Shin-lah yang meyakinkan Indonesia untuk merekrut pria berusia 51 tahun itu pada akhir 2019. Mantan gelandang itu adalah juara Asia sebagai pemain dan pelatih di klub Korea Selatan Seongnam Ilhwa sebelum memimpin negaranya di putaran final Piala Dunia di Rusia pada 2018.

Sejak mengambil alih di Indonesia, Shin telah merombak skuad, menurunkan rata-rata usia dalam prosesnya. Indonesia membukukan tempat di final Piala Suzuki kelima mereka dengan kemenangan agregat 5-3 atas Singapura pada hari Sabtu yang datang setelah kemenangan 4-2 di perpanjangan waktu di leg kedua yang dramatis.

Tim asuhan Shin melaju ke leg pertama tanpa Pratama Arhan yang diskors sementara bek kiri Thailand Theeraton Bunmathan juga absen setelah mendapat kartu kuning kedua turnamen tersebut saat timnya menyingkirkan juara bertahan Vietnam pada Minggu.

“Para pemain mendapat motivasi karena kami gagal lima kali sebelumnya,” kata gelandang Indonesia Egy Maulana.

“Sekarang kami punya kans, itu kans besar buat kami, jadi para pemain punya mentalitas yang kuat dan sangat ingin menjadi juara, kata Egy.

"Tapi kami tahu ini bukan hanya tentang menjadi juara. Kami harus bekerja keras dan kuat sebagai sebuah tim," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru