Wisata

Siap dibuka kembali, begini prosedur wisata di Kota Tua Jakarta

Selasa, 02 Juni 2020 | 11:43 WIB Sumber: Kompas.com
Siap dibuka kembali, begini prosedur wisata di Kota Tua Jakarta

ILUSTRASI. Halaman Museum Fatahillah di kawasan Kota Tua, Jakarta. KONTAN/Fransiska Firlana

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta bakal berakhir pada 4 Juni 2020. Sejumlah tempat wisata di Ibu Kota Jakarta pun siap beroperasi kembali menyambut para wisatawan.

Namun, wisata di era pandemi virus corona bakal berlangsung berbeda dari biasanya. Wisatawan harus mematuhi kondisi new normal atau kenormalan baru.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Deddy Tarmizi sudah menyiapkan beberapa langkah guna mengantisipasi datangnya pengunjung pascapembukaan kembali kawasan Wisata Kota Tua di masa kenormalan baru (new normal).

"Kalau nanti masuk masa new normal, UPK Kota Tua siap memberlakukan masuk kawasan Kota Tua. Pertama wajib periksa suhu tubuh. Kami menyiapkan 4 thermometer gun di 2 gerbang masuk," ucap Deddy, Selasa (2/6/2020).

Selain itu, warga yang hendak mengunjungi museum juga wajib menggunakan masker.

Bagi yang tidak membawa masker, pengelola pun menyiapkan masker tiap harinya di gerbang masuk.

"Disiapkan sedikit masker di gerbang, saat ini siap 25 lusin masker kain," kata Deddy.

Baca juga: PHRI: Pembukaan destinasi wisata, sebaiknya dibarengi kemudahan izin bepergian

Faktor ketiga yang dilakukan UPK Wisata Kota Tua adalah dengan mempersiapkan tempat cuci tangan di sekitar kawasan wisata.

Nantinya akan dipasang tujuh tempat cuci tangan, lengkap dengan tangki air, sabun, tisu.

Saat ini baru tersedia empat tempat cuci tangan.

Selain itu, pengelola UPK terus mengimbau pengunjung agar menjaga jarak atau physical distancing saat mengantre dan berada di area museum.

"Jaga jarak minimal 1 meter, sudah dipasang spanduk dan nanti di lapangan imbauan melalui speaker dan petugas lapangan bersama komunitas," kata Deddy.

Baca juga: Wisata Borobudur dan ITDC Bali dibuka kembali 8 Juni 2020

Walau sudah mempersiapkan sejumlah langkah, sejauh ini Deddy masih menunggu kebijakan langsung dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait kepastian pembukaan wisata Kota Tua. (Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wisata Kota Tua Bersiap Jelang New Normal, Pengunjung Wajib Pakai Masker dan Jaga Jarak",

Editor: Adi Wikanto


Terbaru