Siap Rambah Pasar Game Asia Tenggara, Majamojo dan Agate Kawal Peluncuran Memories

Kamis, 07 Juli 2022 | 15:00 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Siap Rambah Pasar Game Asia Tenggara, Majamojo dan Agate Kawal Peluncuran Memories

ILUSTRASI. Memories seyogyanya adalah game novel visual interaktif dari Maja Mojo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Majamojo membuat langkah pertamanya di tahun 2022 ini, yang menunjukkan komitmen awalnya untuk menopang industri game lokal, melalui penandatanganan kerja sama dengan Agate, salah satu developer game terbesar di Indonesia. Kedua perusahaan akan mengawal peluncuran Memories di kawasan Asia Tenggara.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Kamis (7/7), di Remboelan Resto Pondok Indah, yang dihadiri Jungwon Hahn sebagai CEO Majamojo didampingi oleh Shieny Aprilia selaku CEO Agate.

Turut hadir yakni Cipto Adiguna selaku Presiden AGI (Asosiasi Games Indonesia). "Indonesia adalah pasar yang besar untuk game namun kami tidak melihat cukup banyak perusahaan lokal baik sebagai publisher ataupun developer game," tandas Jungwon Hahn, CEO Majamojo dalam keterangan resminya.

"Pasarnya didominasi oleh game luar dan kami memiliki aspirasi untuk mempercepat pertumbuhan pasar dengan membina talenta lokal, tetapi yang terpenting adalah mengembangkan lingkungan digital di Indonesia secara cepat sehingga talenta muda lebih berhasrat menjadi programmer, artis, ahli game, sekaligus berkontribusi aktif untuk industri game."

Maja Mojo bertujuan untuk menjadi penerbit yang mendorong penetrasi game buatan lokal dan mengungkapkan potensi tertinggi mereka, terutama untuk game yang dimainkan di HP.

Baca Juga: Kemendag Gelar In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 Perdana

Langkah nyatanya adalah jalin kerja sama strategis dengan developer game lokal ternama untuk bersinergi bangkitkan kegairahan produk game nasional, dan tembus pasar gamer di Asia Tenggara.

"Setelah aktif membangun industri video game Indonesia, kini kami siap untuk mencapai tujuan lebih tinggi," ucap Shieny Aprilia, CEO Agate.

"Dengan kerja sama ini, saya pikir bersama Majamojo bisa merilis banyak game favorit ke dunia yang dibuat oleh talenta asli Indonesia."

Agate sendiri merupakan perusahaan pengembang game yang sudah berdiri sejak tahun 2009, dan telah melalui banyak kegagalan sebelum akhirnya kini sukses melahirkan lebih dari 300 game.

Termasuk komitmennya untuk terus memunculkan game-game baru dan inovatif, seperti halnya Memories.

Memories seyogyanya adalah game novel visual interaktif yang menawarkan banyak kisah-kisah menarik untuk kamu mainkan dengan fitur never ending possibilities. Pemain bisa menentukan pilihan akan alur cerita maupun cerita akhirnya.

Maja Mojo bertujuan untuk menjadi penerbit yang mendorong penetrasi game buatan lokal dan mengungkapkan potensi tertinggi mereka, terutama untuk game yang dimainkan di ponsel.

Siap Rambah dan Dominasi Pasar Gamer Asia Tenggara

Sebagai sebuah joint venture (JV) yang lahir dari Telkomsel melalui INDICO dan GoTo via PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa (AMAB), Majamojo memiliki peran strategis untuk berkontribusi optimal dalam memajukan industri gaming di Indonesia dan Asia Tenggara.

Hal ini akan tercapai dengan sinergi maksimal dari sumber daya kedua grup perusahaan sebagai pendukung Maja Mojo, yang mencakup antara lain kapabilitas digital, aset teknologi, solusi pembayaran, dan ekosistem bisnis yang terintegrasi.

Baca Juga: Dunia Games Telkomsel Mencatatkan Monthly Visitor Lebih dari 15 Juta

Paling utama yakni konversi basis pengguna Telkomsel dan GoTo untuk juga menjadi bagian ekosistem game Maja Mojo.

Sinergi ini menjadi peluang besar bagi Maja Mojo untuk tumbuh sebagai publisher game terdepan di negaranya sendiri dan produk-produknya akan mampu mendominasi pasar gamer di Asia Tenggara.

Ekosistemnya sendiri akan mencakup berbagai layanan untuk memudahkan semua basis pengguna Majamojo mengakses produk game terbaik yang dibuat oleh pengembang lokal yang mampu menembus pasar Asia Tenggara, dengan kustomisasi khusus dalam lokalisasi bahasa dan penyesuaian harga sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia.

Indonesia merupakan negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia, dan 79% penduduknya masuk kategori sebagai gamer. Pada tahun 2021, jumlah gamer mobile di Indonesia adalah yang terbanyak di angka sekitar 114 juta gamer mobile, sekaligus memimpin pasar di Asia Tenggara dalam hal pendapatan.

Maja Mojo, resmi berdiri sejak tanggal 11 Januari 2022, diharapkan dapat memperkuat industri game Indonesia, serta mendorong dan membina pengembangan lebih banyak talenta digital local untuk memaksimalkan manfaat dan keuntungannya secara komprehensif bagi lebih banyak orang di tanah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru