Style

Simak 4 tips atasi uban tanpa merusak kulit kepala

Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:14 WIB Sumber: Kompas.com
Simak 4 tips atasi uban tanpa merusak kulit kepala

Ilustrasi Uban

KONTAN.CO.ID - Rambut beruban ternyata tak cuma dialami orang yang sudah berumur. Jika sudah demikian, kita bisa saja mengatasinya dengan mewarnainya.

Hanya saja, ketika kita mengecat rambut dan tidak merawatnya, rambut justru bisa menjadi rusak. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut putih ini dengan cara yang aman?

Baca Juga: Masih muda tapi rambut sudah beruban? Ini faktornya

1. Teh hitam

Rambut putih pada orang yang masih muda disebut sebagai uban prematur. Jika mengalami hal ini, gunakan saja air teh hitam.

Caranya adalah dengan merebus air dalam panci, kemudian masukkan dua sendok teh daun teh hitam. Dinginkan teh ini dan gunakan air tehnya untuk mencuci rambut.

Pastikan untuk tidak menambahkan sampo setelah mencuci rambut dengan teh hitam. Cukup bilas rambut dengan menggunakan air sampai bersih.

Baca Juga: 4 Sebab kasus pasien Covid tanpa gejala banyak terjadi

2. Daun kari

Daun kari biasanya digunakan sebagai bumbu masakan Sumatra. Daun ini punya aroma yang khas dan kuat. Ternyata selain menjadi penyedap masakan, daun kari juga bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mengatasi rambut putih.

Daun kari ini juga akan menguatkan akar rambut, memastikan akar rambut yang baru ini lebih sehat dan punya pigmen yang normal (hitam).

Demi mengatasi uban, daun kari bisa dimakan langsung seperti lalapan, atau dicampur dengan aneka masakan lainnya.

Cara lainnya adalah dengan menggosokkan daun kari yang sudah direndam air panas ke rambut. Aplikasi daun kari ke rambut merupakan salah satu rahasia suku Indian untuk menjaga keindahan rambut mereka.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru