Simak rahasia sederhana untuk mengurangi risiko depresi

Senin, 14 Juni 2021 | 11:02 WIB Sumber: Kompas.com
Simak rahasia sederhana untuk mengurangi risiko depresi

ILUSTRASI. Simak rahasia sederhana untuk mengurangi risiko depresi


STYLE -  JAKARTA. Sebuah studi menemukan bahwa hanya dengan bangun satu jam lebih awal di pagi hari, kita dapat mengurangi risiko depresi hingga 40%. 

Studi yang diterbitkan dalam JAMA Psychiatry oleh para peneliti di University of Colorado Boulder, Broad Institute of MIT, dan Harvard itu memperlihatkan bagaimana kronotipe kita dapat berdampak pada risiko depresi. 

Kronotipe adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan waktu tidur dan aktivitas rutin manusia dan hewan. Ada empat kategori kronotipe, yaitu beruang, serigala, singa, dan lumba-lumba. 

1. Kronotipe beruang 

Sebagian besar dari kita tergolong dalam kronotipe beruang. Beruang tidur malam hari dan bangun pagi hari sesuai dengan matahari. Orang dengan kronotipe beruang mudah bangun maupun tidur. 

Baca Juga: 6 Efek samping kunyit untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan

Orang dengan kronotipe beruang umumnya paling aktif tepat sebelum siang hari. Namun, produktivitas tersebut menurun antara jam 2 siang hingga jam 4 sore. 

2. Kronotipe serigala 

Orang dengan kronotipe serigala sulit bangun pagi. Mereka bahkan lebih semangat dan berenergi jika bangun lebih siang. Orang dengan kronotipe serigala paling produktif di siang hari, dan bertahan hingga kurang lebih empat jam, lalu menurun.  

Namun seperti serigala, mereka akan kembali bersemangat dan produktif setelah matahari tenggelam sekitar jam 6 sore. 

3. Kronotipe singa 

Kronotipe singa suka bangun pagi, bahkan mudah bangun tidur sebelum fajar. Orang dengan kronotipe singa paling produktif di pagi hingga siang hari. Kronotipe ini menggambarkan orang yang suka bangun sangat pagi, namun juga tidur lebih awal di petang hari.

Baca Juga: Banyak anak kecanduan hp, kenali gejala dan cara menghilangkan

Energi orang dengan kronotipe singa memang semakin menurun di sore hari. Mereka umumnya tidur jam 9-10 malam. 

4. Kronotipe lumba-lumba 

Lumba-lumba adalah hewan yang tidurnya tidak teratur. Karenanya kronotipe ini menggambarkan mereka yang sulit menetapkan waktu tidur secara teratur. Orang dengan kronotipe lumba-lumba seringkali kurang tidur karena mereka sensitif terhadap banyak faktor, seperti suara dan cahaya. 

Orang dengan kronotipe lumba-lumba paling produktif dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru