Singkirkan Benfica, Liverpool Melaju ke Semifinal Liga Champions

Kamis, 14 April 2022 | 06:19 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Singkirkan Benfica, Liverpool Melaju ke Semifinal Liga Champions

ILUSTRASI. Liverpool singkirkan Benfica di babak perempat final Liga Champions


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hujan gol terjadi di Anfield saat Liverpool menjamu Benfica dalam leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis (14/4) dini hari WIB. Ada enam gol yang disahkan wasit dalam pertandingan tersebut.

Bermodal kemenangan 3-1 di kandang Benfica pekan lalu, Jurgen Klopp memilih untuk tidak menurunkan skuad inti pada laga ini. Meski begitu, Liverpool tetap bisa mendominasi pertandingan di awal pertandingan.

Bahkan, The Reds memimpin pada menit ke-21 saat Ibrahima Konate menyambar bola hasil tendangan pojok dari Kostas Tsimikas. Tandukan Konate tak mampu dijangkau oleh Odysseas Vlachodimos. Liverpool unggul 1-0.

Empat menit berselang, Luis Diaz meluncurkan tendangan keras di dalam kotak penalti Benfica. Beruntung Odysseas masih mampu menepisnya.

Baca Juga: Berakhir Imbang, Manchester City vs Liverpool Masih Sengit Buru Gelar Premier League

Benfica tak mau pasrah. Berulang kali tim asal Portugal ini merepotkan lini belakang Liverpool yang kurang solid. Usaha itu membuahkan hasil pada menit ke-32.

Gonzalo Ramos yang tak terkawal dan lolos dari garis offside langsung menembakkan bola yang tak bisa ditahan oleh Alisson. Skor imbang 1-1.

Liverpool punya peluang emas untuk kembali unggul di menit ke-38 saat Roberto Firmino bergerak bebas di kotak penalti. Sayang, lini belakang Benfica masih bisa mengamankan situasi.

Masuk ke babak kedua, Liverpool kembali mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, 10 menit usai turun minum Firmino berhasil mencetak gol setelah meneruskan umpan Diogo Jota. The Reds unggul 2-1.

Satu menit kemudian, Klopp melakukan rotasi. Mohamed Salah, Fabinho, dan Thiago Alcantara masuk menggantikan Jota, Jordan Henderson dan James Milner.

Tak mengendurkan serangan, Firmino kembali membuat Anfield bergemuruh pada menit ke-65. Pemain asal Brasil ini sukses mencetak gol kedua usai menyambar bola hasil tendangan bebas Tsimikas.

Unggul 3-1, The Reds tak lagi bermain ngotot. Menurunkan tempo pertandingan, Liverpool justru kecolongan. Di menit ke-73, Roman Yaremchuk yang lolos dari jebakan offside berhasil melewati Alisson dan menjebloskan bola ke gawang yang kosong.

Baca Juga: Elang Mahkota (EMTK) Raih Hak Siar Liga Inggris, Begini Prospeknya

Benfica kian semangat untuk bisa memangkas selisih agregat gol. Pendukung Liverpool pun dibuat was-was saat Darwin Nunez sukses menyamakan kedudukan di menit ke-81.

Laga kembali memanas setelah skor menjadi imbang 3-3. Benfica hampir unggul andai Alisson tak cekatan menangkis sepakan Nunez. Di masa injury time, Nunez bahkan sempat mencetak gol lagi, meski akhirnya dianulir lantaran terjebak offside.

Akhirnya, skor 3-3 bertahan hingga akhir laga. Liverpool pun secara agregat unggul 6-4 atas Benfica.

Dengan hasil ini, The Reds mengantongi tiket ke babak semifinal Liga Champions. Liverpool akan melawan Villarreal, yang sehari sebelumnya secara mengejutkan sukses menyingkirkan raksasa Jerman Bayern Munchen dengan agregat 2-1.

Laga semifinal antara Liverpool dan Villarreal dijadwalkan berlangsung pada Rabu, 27 April untuk leg pertama. Sedangkan leg kedua dilakukan Rabu, 4 Mei 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru