CLOSE [X]

Singkirkan Spanyol lewat adu penalti, Italia pastikan satu tempat di Final Euro 2020

Rabu, 07 Juli 2021 | 09:38 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Singkirkan Spanyol lewat adu penalti, Italia pastikan satu tempat di Final Euro 2020

ILUSTRASI. Selebrasi Timnas Italia saat menang atas Spanyol


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim nasional Italia memastikan satu tempat di partai final Piala Eropa (Euro) 2020, setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti dalam partai semi final yang digelar di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7).

Sebelum masuk ke babak adu pinalti, Italia dan Spanyol bermain imbang 1-1 di waktu normal. Tanpa gol di babak pertama, Italia berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-60 berkat sepakan Federico Chiesa.

Tak tinggal diam, Spanyol pun getol melancarkan serangan dan mampu menguasai laga. Terus digempur, lini belakang Italia pun kecolongan. La Furia Roja mampu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Alvaro Morata pada menit ke-80.

Italia dan Spanyol mencoba mencuri gol pada 10 menit terakhir pertandingan. Namun tak ada lagi gol yang mampu diciptakan kedua tim hingga wasit Felix Brych meniup pluit panjang tanda berakhirnya laga.

Tak ada pemenang di waktu normal, pertandingan berlanjut ke babak extra time. Dalam 15 menit pertama partai tambahan waktu, Spanyol melanjutkan dominasi. 

Beberapa kali serangan Tim Matador mengancam gawang Italia yang dijaga kiper Gianluigi Donnarumma. Beruntung tembok pertahanan Gli Azzurri itu tak lagi bisa dijebol oleh Spanyol.

Baca Juga: Jadwal EURO 2020 malam ini, 8 Juli 2021: Inggris wajib menang di kandang

Pada babak kedua extra time, Italia dan Spanyol tak kunjung bisa menambah gol. Kemenangan kedua tim harus ditentukan lewat drama adu pinalti.

Italia mendapat kesempatan pertama. Sayang, sepakan Manuel Locatelli mampu ditepis oleh kiper Spanyol, Unai Simon. Beruntung bagi Italia, Dani Olmo yang menjadi algojo pertama Spanyol juga gagal mencetak gol.

Pada kesempatan berikutnya, empat algojo dari Gli Azzurri berhasil menjalankan tugasnya untuk mencetak angka. Sedangkan dari kubu Spanyol, hanya mampu mencetak dua gol, setelah Morata gagal menjalankan tugasnya.

Italia pun unggul dengan skor 4-2. Dengan kemenangan tersebut, tim yang diasuh oleh pelatih Roberto Mancini itu mengamankan tiket ke partai Final Euro 2020.

Gli Azzurri menunggu pemenang antara Inggris vs Denmark yang pertandingannya akan digelar nanti malam, atau pada Kamis (8/7) pukul 02.00 WIB.

 

Selanjutnya: Bos Rans Cilegon FC curhat soal nasib bisnis sepak bola gara-gara tak ada kompetisi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru