Sisi lain BJ Habibie, mengoleksi banyak mobil klasik

Selasa, 10 September 2019 | 15:34 WIB Sumber: Kompas.com
Sisi lain BJ Habibie, mengoleksi banyak mobil klasik

ILUSTRASI. Mantan Presiden BJ Habibie


OTOMOTIF - JAKARTA. BJ Habibie sedang terbaring sakit. Namun siapa sangka, BJ Habibie yang dikenal ramah ternyata seorang kolektor otomotif terutama mobil. 

Hal itu terungkap dari Kevin Hendrawan, yang pernah berkunjung ke dalam garasi BJ Habibie. Vlogger tersebut sukses dibuat takjub dengan banyaknya koleksi mobil yang mayoritas ialah Mercedes Benz. "Ini bukan cuma sekedar parkiran, ini kaya basement mall," kata Kevin. 

Baca Juga: Yuk intip daftar pemasok komponen mobil Esemka Bima

"Kalau aku boleh ngomong eyang Habibie ini punya seluruh koleksi Mercy dari sebelum Indonesia merdeka bahkan semuanya ada di sini, you name it, mau apa aja di sini ada," ucapnya Kevin dikutip Kompas.com, Selasa (10/9). 

Namun dari banyaknya koleksi mobil salah satu yang paling mencuri perhatian ialah Mercedes Benz 300 SL Gullwing. Coupe legendaris yang diproduksi selama tiga tahun antara 1954 hingga 1957. 

Mercedes Benz 300SL dengan kode sasis W 198 merupakan salah satu model yang paling dilirik kolektor. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di ajang International Motor Sport Show di New York, Amerika Serikat, pada 1954. 

Secara keseluruhan Mercedes Benz 300SL diproduksi dari tahun 1954 sampai 1963. Versi gullwing atau pintu bersayap merupakan edisi pertama yang diproduksi dari 1954-1957, sedangkan versi roadster dari 1957-1963.

Baca Juga: Mau pesan Daihatsu Sigra facelift? Cukup siapkan Rp 5 juta

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru