Soal dan jawaban TVRI SMP Jumat (15 Mei), materi Pesona di Balik Eceng Gondok

Jumat, 15 Mei 2020 | 02:57 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Soal dan jawaban TVRI SMP Jumat (15 Mei), materi Pesona di Balik Eceng Gondok

ILUSTRASI. Seorang anak menyimak pembelajaran yang disiarkan melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) di Kelurahan Gladak Anyar, Pamekasan, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan 720 episode untuk penayangan B


PENDIDIKAN - JAKARTA. Berikut adalah soal dan kunci jawaban TVRI SMP Kelas 7, 8, 9 untuk materi Pesona di Balik Eceng Gondok.

Pada mata pelajaran kali ini, peserta belajar diminta untuk:  

(1) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta;

(2) Menuliskan pengamatan dan pengalamannya secara koheren dan padu menggunakan rujukan secara etis dan metodologi sederhana

Nah, berikut adalah soal dan jawaban lengkapnya. Silakan disimak baik-baik ya. 

Video 1

Pertanyaan di akhir video: 

Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja?

Video 2

Pertanyaan di akhir video:

Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan!

Video 3

Pertanyaan di akhir video:

Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan mengapa kamu memilihnya?

Kunci jawabannya adalah sebagai berikut:

Pertanyaan  video 1:

Dampak bila pengusaha mengabaikan upah pekerja:

- Pekerja tidak akan termotivasi dalam melakukan pekerjaan

- Kualitas dan kuantitas produk tidak akan maksimal

- Produktivitas kinerja minim

- Perusahaan tidak akan maju

- Pekerja bisa berhenti dari pekerjaannya

Jawaban video 2

Persiapan: 

- Menyiapkan eceng gondok
- Menyiapkan peralatan seperti papan, kayu, gergaji, martil, paku, bahan kain, alat penjepit, gunting, pernis, kuas, lem

Proses

- Menjemur batang eceng gondok (kurang lebih selama seminggu)

- Menyiapkan model, ukuran, dan bentuk tas yang akan dibuat

- Buat cetakan kayu sebelum menganyam eceng gondok

- Buat anyaman sesuai selera

- Gunakan lem untuk melekatkan anyaman agar tidak mudah bergeser

- Cat anyaman dengan pernis tansparan agar tampak alami

- Tambahkan aksesoris

Jawaban video 3:

Saya ingin membuat tas belanja bagi ibu-ibu yang sering ke pasar. Dengan tas eceng gondok, saya akan ikut berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik dan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kantong plastik yang tidak ramah lingkungan. Tas belanja ibu-ibu juga peminatnya banyak, sehingga bisa memberikan keuntungan yang baik bagi saya. 

Nah, semoga bisa membantu ya.

Berikut hal yang dapat kamu lakukan sebagai siswa untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:

1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung informasi dengan data yang akurat dan juga tepat.

2. Berdiskusilah dengan orang tua atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk akal yang dapat diuji tentang bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat tepat berdasarkan tugas yang diberikan.

3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan.

4. Pastikan referensi atau rujukan yang kamu ambil adalah rujukan yang akurat dan benar.

5. Kutiplah informasi yang memiliki nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan.

6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta perhatikan norma kesopanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 3 4 5 6 Tampilkan Semua
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru