Soal dan jawaban TVRI SMP, Rabu 16 September 2020: Keanekaragaman hayati Indonesia

Rabu, 16 September 2020 | 04:48 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Soal dan jawaban TVRI SMP, Rabu 16 September 2020: Keanekaragaman hayati Indonesia

ILUSTRASI. Soal dan jawaban TVRI SMP, Rabu 16 September 2020: Keanekaragaman hayati Indonesia. KONTAN/Fransiskus Simbolon


BELAJAR DARI RUMAH -  Pandemi Covid-19 memaksa pembelajar langsung ditiadakan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Pemerintah membuat program belajar dari rumah agar siswa tetap bisa mendapat pembelajaran. 

Program belajar dari rumah disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Materi yang diberikan ditujukan untuk jenjang pendidikan PAUD hingga SMA. 

Materi ditayangkan melalui siaran TVRi setiap harinya. Tayangan pembelajaran berbeda tiap harinya, sesuai dengan jadwal yang sudah dirilis. Melalui Instagram resmi Kemdikbud dan TVRI, jadwal dirilis beserta materi yang akan ditayangkan. 

Materi untuk SMP, Rabu 16 September 2020 adalah keanekaragaman hayati Indonesia. Video yang ditayangkan akan berisi penjelasan mengenai keanekaragaman hayati Indonesia.

Di akhir video ada soal pengayaan mengenai materi yang ditayangkan. Siswa bisa menjawab soal tersebut sesuai dengan materi yang ditayangkan. 

Video belajar dari rumah TVRI untuk SMP ditayangkan pukul 09.30-10.00 WIB. Di bawah ini adalah soal dan jawaban program belajar dari rumah untuk jenjang TVRI.

 

Pertanyaan akhir segmen 1

Berdasarkan tayangan tersebut, jelaskan faktor penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang amat tinggi!

Jawabannya:

Letak geografis yang strategis membuat Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang beragam. 

Indonesia terletak di 6 derajat Lintang Utara, 11 derajat Lintang Selatan, dan 95 derajat Bujur Timur. Serta Indonesia terletak di 141 derajat Bujur Barat. 

Iklim tropis Indonesia juga membuat keanekaragaman hayati negara ini semakin beragam. Ditambah Indonesia juga dilewati oleh Garis Khatulistiwa. 

Baca Juga: 5 Jurusan kuliah ini bisa menambah kecintaan Anda pada Indonesia

Pertanyaan akhir segmen 2

Jelaskan langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang terdapat di Indonesia!

Jawabannya:

Agar tumbuhan dan hewan di Indonesia tetap terjaga, kita harus bisa menjaga hutan. Banyaknya pembalakan liar membuat sumberdaya hayati berkurang. 

Hutan yang menjadi rumah bagi hewan menjadi semakin sempit. Hewan-hewan akhirnya tersingkir dari habitat aslinya. 

Tentu kita harus mengawasi tindakan pembalakan liar agar tidak terus terjadi. Menanam pohon juga bisa membuat hutan tetap lestari. 

Pertanyaan akhir segmen 3

Amati tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar mu, lalu identifikasi kan manfaat yang terkandung dari tumbuhan tersebut!

Selanjutnya: Yuk, cari tahu tentang proses pembentukan awan dan jenis-jenisnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru