5 Jurusan kuliah ini bisa menambah kecintaan Anda pada Indonesia

Selasa, 15 September 2020 | 16:04 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
5 Jurusan kuliah ini bisa menambah kecintaan Anda pada Indonesia

ILUSTRASI. 5 Jurusan kuliah ini bisa menambah kecintaan Anda pada Indonesia. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/pd.

KONTAN.CO.ID -  Selain jurusan kuliah yang mainstream, beberapa universitas menyediakan jurusan kuliah unik. Beberapa diantaranya bisa menambah kecintaan Anda terhadap negara tercinta Indonesia. 

Jurusan kuliah tersebut menyediakan mata kuliah yang berkaitan dengan Indonesia. Tidak hanya dari segi bahasa, mata kuliah tersebut juga berkaitan dengan budaya dan sejarah bangsa.

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal budaya bangsa, jurusan tersebut bisa Anda pilih. Di jurusan tersebut Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang budaya hingga bahasa yang ada di Inonesia. 

Apa saja jurusan kuliah unik tersebut? Berikut jurusan-jurusan kuliah dengan fokus mata kuliah pada keberagaman Indonesia.  

  • Jurusan sastra daerah dan sastra Indonesia 

Budaya Indonesia tidak lepas dari bahasa daerah yang beragam. Jurusan sastra daerah bisa jadi pilihan jika ingin mengenal budaya bangsa.

Ada banyak pilihan jurusan bahasa daerah yang tersebar di beberapa universitas. Sastra Jawa, sastra Bali, sastra Sunda, dan sastra Bugis, adalah sebagian contoh jurusan sastra daerah. 

Universitas yang menyediakan jurusan tersebut diantaranya: Universitas Sebelas Maret; Universitas Indonesia; Universitas Udayana dan; Universitas Hasanuddin.

Selain sastra daerah, jurusan sastra Indonesia juga bisa menambah kecintaan pada Indonesia. Materi perkuliahan yang disajikan tentu berkaitan dengan sastra Indonesia dan sejarahnya. 

Sastra Indonesia merupakan salah satu jurusan dari Fakultas Sastra atau Humaniora. Universitas Diponegoro dan Universitas Gadjah Mada adalah contoh universitas yang menyediakan jurusan sastra Indonesia. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru