Apa itu mental block? Pengertian dan 5 cara mengatasinya

Jumat, 21 Agustus 2020 | 11:56 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Apa itu mental block? Pengertian dan 5 cara mengatasinya


EDUKASI -  Apakah Anda pernah kehilangan ide saat mengerjakan sesuatu? Keadaan ini disebabkan oleh mental block. 

Mental block, melansir dari Tony Robbins, merupakan kondisi dimana Anda tidak mampu berkonsentrasi. Ketidakmampuan berpikir jernih juga termasuk dalam mental block. Mental block juga disebut kelelahan mental. 

Baca Juga: Tata cara dan jadwal registrasi mahasiswa baru UB jalur SBMPTN 2020

Akibat dari mental block sendiri bisa mempengaruhi kinerja seseorang. Mental block bisa dialami oleh semua orang. Pelajar, mahasiswa, hingga pekerja sering mengalami hal ini.

Kehilangan ide dan tidak dapat berpikir jernih bisa mengakibatkan stres. Terlebih saat sedang mengerjakan sesuatu yang penting. 

Anda tidak perlu risau saat sedang mengalami mental block. Ada berapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk lepas dari kondisi ini. Bersumber dari Tony Robbins dan Entrepreneur, berikut 5 cara mengatasi mental block.

  • Kerjakan tugas yang lebih mudah dahulu

Mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah bisa mengatasi mental block. Orang-orang terkadang mengerjakan soal yang lebih sukar terlebih dahulu. Dengan anggapan agar bisa segera mengejar deadline. 

Tindakan ini justru bisa membuat pikiran Anda stuck pada hal yang sulit. Sehingga ide malah terhenti di soal sulit tersebut. 

Mengerjakan soal atau pekerjaan yang mudah bisa meringankan pikiran. Anda bisa lebih tenang dan cepat menyelesaikannya.

Sisa waktu yang cukup banyak bisa digunakan untuk mengerjakan yang rumit. Anda juga bisa mengambil istirahat di sela-sela waktu tersebut.

  • Tenangkan diri dan pikiran

Saat pikiran sedang kalut, tidak jarang semua ide hilang begitu saja. Jika sudah begini, Anda mungkin malah tambah stres. 

Coba tenangkan diri Anda. Tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan. Kemudian berikan stimulasi pikiran bahwa Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik. 

Jika dirasa cukup tenang, mulailah bekerja secara perlahan. Kerjakan pekerjaan yang lebih mudah agar Anda bisa lebih tenang.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru