Soal-jawab Belajar dari Rumah TVRI (13 Juli) SMP: Apakah bisa membuat mesin waktu?

Senin, 13 Juli 2020 | 06:37 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Soal-jawab Belajar dari Rumah TVRI (13 Juli) SMP: Apakah bisa membuat mesin waktu?

ILUSTRASI. Soal dan jawaban TVRI hari ini Senin 13 Juli SMP, Apakah bisa membuat mesin waktu?. ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.


Belajar dari Rumah - JAKARTA. Soal dan jawaban TVR hari ini, Senin 13 Juli 2020 untuk SMP akan berkisar mengenai waktu. Dalam tayangan kali ini, siswa akan diberi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan waktu

Sebagian pertanyaan itu adalah: mengapa waktu terasa cepat saat liburan, bagaimana cara mengatur waktu secara efektif, bisakah mesin waktu diciptakan, dan mengapa waktu lebih cepat saat perjalanan pulang. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui siaran pers resminya, menjadwalkan materi untuk jenjang SMP disiarkan di TVRI pada pukul 09.30-10.00. Berikut adalah soal dan jawaban TVRI hari ini dalam program Belajar di Rumah TVRI untuk SMP, Senin 13 Juli 2020.

Pertanyaan pertama: Kenapa liburan terasa lebih cepat?

Jawabannya:
Perasaan ini dinamakan holiday paradox, dimana saat kita merasa waktu berjalan lebih cepat hal tersebut hanya perasaan kita saja. Hal ini dipengaruhi otak yang menanggapi 2 kejadian berbeda yaitu saat kejadian dan sesudah kejadian. 

Saat kejadian lebih banyak dipengaruhi oleh perasaan. Saat sesudah yang memengaruhi adalah kenangan. Tidak semua yang kita alami akan diingat. Panjang pendek liburan tidak berpengaruh, melainkan apa yang kita lakukan.

Kenapa perjalanan pulang terasa lebih cepat dari pergi

Jawabannya:

Sensasi dimana perjalanan pulang terasa lebih cepat saat pergi dinamai return trip effect. Saat pergi, otak akan fokus mencerna rute dan objek selama dijalan, saat fokus persepsi otak terhadap waktu akan terasa lebih lama. Sedangkan saat pulang jika melewati jalan yg sama otak lebih familiar dan tidak perlu kerja keras untuk fokus, sehingga persepsi otak terhadap waktu akan terasa lebih cepat 

Baca Juga: Mengapa kita harus pakai masker? Jawaban soal TVRI SD kelas 1-3, Senin 13 Juli 2020 

Cara atur waktu belajar secara efektif bagi kamu yang super sibuk >>>

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru